Menyusuri Pantai Di Jawa Barat dan Banten, Sebuah Konstelasi Keindahan Yang Tak Pernah Putus

Jawa Barat – Banten, keindahan alamnya selalu hadir mengisi penat jiwa. Tanah pasundan ini menyimpan banyak eksotisme yang selalu lekat dihati para travellers. Mulai dari objek pegunungan seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Gunung Halimun, Taman Nasional Gunung Ciremai, Gunung Papandayan, dan Gunung Cikuray, objek jelajah aliran sungai seperti di Citarik dan Cijulang (Green Canyon), hingga konstelasi keindahan pantainya yang tak pernah putus, yang membentang di garis pantai utara hingga selatan Jawa Barat

Pada edisi tulisan kali ini, anak backpacker sekalian akan kita ajak mengenal objek pantai yang ada di Jawa Barat. Yuk langsung saja kita bersua

Pantai Tirtamaya – Inderamayu

tirtamaya
Pantai Tirtamaya

Ombak yang tenang dan berbalut semilir angin pantai utara mencirikhaskan pantai yang terletak di utara kabupaten Inderamayu ini. Selain keindahan panoramanya, pantai ini menjadi kebanggaan masyarakat sekitar karena hasil lautnya yang melimpah.

Pantai Pondok Bali – Subang

pantai pondok bali
Pantai Pondok Bali

Pantai ini tidak lepas dari sentuhan budaya masyarakat Jawa, khususnya penyebaran agama Islam pada masa ke-walian. Walaupun demikian, panorama alamnya begitu menyatu dengan kultur setempat. Sangat pas buat kalian yang ingin bertafakur memandangan ketenangan lautnya. Oh ya pantai ini juga masih jarang dikunjungi lho.

Pantai Karang Bolong – Serang

karang bolong
Pantai Karang Bolong

‘Pemandangan alam yang tak biasa’. Itulah yang akan kalian dapatkan jika berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Disana kalian akan dapati sebuah karang besar yang berbentuk terowongan dan langsung berhadapan dengan laut. Jaraknya adalah sekitar 40 KM dari kota Serang. Cukup menarik bukan?

Pantai Anyer -Anyer

Anyer
Anyer

Kalau yang ini cukup terkenal. Pantai Anyer, sebuah pantai yang terletak di sebelah barat dari Pulau Jawa, tepatnya sekitar 15 KM dari kota Cilegon ke arah selatan, menyajikan eksotisme pantai yang memanjakan mata. Alam yang bersahabat, paket wisata yang lengkap, serta akses perjalanan yang mudah, membuat pantai ini menjadi destinasi favorit baik turis lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu liburannya

Pantai Tanjung Lesung – Anyer

tanjung lesung
Tanjung Lesung

Lagi – lagi tanah pasundan kaya akan pariwisata pantainya. Ialah Tanjung Lesung, salah satu pantai yang diakui sebagai paradise of Indonesia. Pantai yang terletak di sebelah Barat pulau Jawa ini menyimpan eksotisme tersendiri akan keindahan alamnya. Dan tentu saja dengan banyaknya vila serta pengembangan yang kontinyu dari segi sarananya, semakin menambah nilai estetika dari pantai ini.

Pantai Ujung Kulon – Pandeglang

sun set
Ujung Kulon

Siapa sih yang tak kenal spot wisata yang satu ini? Pasti pada tau donk sama Ujung Kulon. Ngomongin soal ujung Kulon nih guys, ternyata banyak banget pantai serta teluk yang indah tersebar disana. Sebut saja seperti pantai Pasir Panjang, Pantai Ciputih, dan Pantai Cihibung. Karena secara geografis terletak di ujung barat Pulau Jawa, maka bisa dipastikan view Sunset terbaik bisa kalian temukan disini.

Pantai Malingping – Lebak

malingping
Pantai Malingping

Belum lengkap rasanya jika belum bicara soal Pantai Malingping. Pantai yang terletak di selatan Provinsi Banten ini sangat pas buat destinasi wisata. Yang paling dominan adalah pemandangan batu karang di lepas pantai dan dibalut oleh deburan ombak yang lumayan kencang. Tak heran banyak wisatawan mengabadika momen – momen ketika ombak bertabrakan dengan batu karang. Di sekitar pantai ini juga ada pantai Binanguen dan Bagedur.

Sawarna – Bayah

sawarna
Tanjung Layar – Sawarna

Satu lagi objek wisata yang kini ramai menjadi buah bibir masyarakat Indonesia, Pantai Sawarna. Dengan andalan beberapa pantai seperti pantai Pasir Putih Ciantir yang pasirnya halus banget, serta Pantai Legon Pari yang indah dikala sunrise dan pagi hari, membuat wisatawan terenyuh untuk berbondong – bondong mengunjunginya. Selain itu objek yang gak boleh dilewatkan jika kalian berkunjung disini adalah Tanjung Layar, Karang Taraje, Pulau Manuk, Goa Lalay, dan Goa Langir. Tiada kata yang pas buat bilang ‘nikmati sendiri deh sensasinya!

Pelabuhan Ratu – Sukabumi

pelabuhan ratu
Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu, mungkin bagi sebagain orang kawasan ini terkenal karena aroma mistisnya yang pekat. Tapi siapa sangka, dibalik itu semua tersimpan panorama yang tak ternilai selain kata takjub ‘wah indah banget!’. Kawasan ini juga ramai dikunjungi wisatan domestik saat liburan tiba. Yang perlu diingat adalah ombaknya yang besar. Tak heran para peselancar banyak yang tertantang untuk mencobanya.

Ujung Genteng – Sukabumi

Ujung genteng
Ujung Genteng

Yang satu ini juga gak boleh dilewatkan. Ujung Genteng, sebuah kawasan wisata yang gak terlalu mainstream layak buat diacungi dua jempol. Kalau Ujung kulon merupakan spot terujung di barat pulau Jawa, sementara Ujung Genteng merupakan spot terujung di selatan pulau jawa.  Sumpah guys, landskap disini tuh epic banget. Seolah pemandangan antara dataran, lautan, serta langitnya menjadi satu kesatuan yang padu. Tentu saja membuat mata para wisatawan betah memandanginya berlama – lama. Beberapa spot yang recommended buat dikunjungi disini adalah Pantai Ombak Tujuh, Pantai Pangumbahan, Amanda Ratu dan Pantai Cibuaya. Oh ya disini kalian juga bisa melihat penyu yang sedang bertelur lho

Pantai Santolo – Garut

santolo
Pantai Santolo – Garut

Mau menenangkan diri, OK, mau untuk sekedar bertamasya juga oke. Adalah Pantai Santolo destinasinya. Pantai yang terletak di selatan kabupaten Garut ini memiliki pemnadangan alam yang menawan guys. Salah satu yang paling mencirikan pantai ini adalah kontur wilayahnya yang kontras banget. Di sebelah utara kalian bakal ngeliat pegunungan yang menjulang, sementara kalau kalian mengalihkan pandangan ke arah selatan, langsung yang terlihat adalah laut. Oh ya pantai ini dominasi oleh karang. Walaupun demikian ada juga area pasirnya. Disini pemandangan air laut yang terjebak di sela – sela karang bakal jadi pemandangan yang paling sering kalian dapatkan. Pokoknya satu kata deh guys, ‘menakjubkan!!’

Pangandaran – Ciamis

pangandaran
Pangandaran

~Sisi Laut Pangandaran~, sebuah kutipan dari penyanyi asli Sunda, Doel Sumbang, menambah kekentalan aroma sundanis jika mendengar nama ‘Pangandaran’. Seperti halnya Sawarna, kawasan ini juga ramai diperbincangkan oleh khalayak ramai. Berbagai event kebudayaan juga sering digelar di pantai ini, seperti pesta layang – layang, ruwatan, dan tumpengan. Ngomongin soal keindahan alamnya, pastinya gak diragukan lagi. Hampir semua sisi pantai pantas buat diabadikan. Misalnya saja di Batu Hiu, atau goa Lanang. Eits gak berhenti sampe disitu guys, ada dua spot lagi lho yang gak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke Pantai ini, yakni Green Canyon, dan Citumang.

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


2 thoughts on “Menyusuri Pantai Di Jawa Barat dan Banten, Sebuah Konstelasi Keindahan Yang Tak Pernah Putus

Leave a comment