Menyusuri Jembatan Terpanjang di Cina, Danyang Kunshan Bridge

Topik: Wisata Luar Negeri

Subtopik: Wisata Danyang Kunshan Bridge

267957,xcitefun-kunshan-grand-bridge-4
Danyang Kunshan Bridge

Republik Rakyat Cina atau yang biasa dikenal dengan nama Cina saja ini merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Cina menempati urutan pertama dalam hal populasi penduduknya. Tercatat sebanyak 1,3 miliar lebih penduduk yang tinggal di negara yang memiliki paham komunis ini. negara yang mayoritas penduduknya adalah suku Han merupakan negara terbesar di Asia Timur dan negara ketiga terluas di dunia setelah Rusia dan Kanada.

Karena banyaknya penduduk yang mendiami negara yang memiliki luas 9.671.018 km2, akhirnya warga Cina pun menyebar ke banyak negara dan biasanya membangun komunitas sendiri hingga terlahir China Town di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan dan Indonesia.

Setelah terkenal dengan Tembok Raksasa Cina yang termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Seperti tak ada bosannya dalam membuat gebrakan baru, kini Cina kembali membuat sebuah inovasibaru yang mencengangkan yakni membuat jembatan sepanjang 164,8 kilometer yang diberi nama “Danyang Kunshan Bridge”.

Jembatan yang dipakai sebagai jalan bebas hambatan penduduk Cina ini di Provinsi Jiangsu, di antara Shanghai dan Nanjing, Cina Timur. Secara lokasi, jembatan yang menempati urutan pertama sebagai jembatan terpanjang di dunia ini berada di Delta Sungai Yangtze. Sungai ini melewati lima kota terpada di Cina yakni berawal dari kota Danyang, Changzhou, Wuxi, Suzhou dan berakhir di kota Kunshan.

Jembatan ini dibuka secara resmi pada bulan Juni 2011. And you know guys, jembatan yang panjangnyanya hampir 200 kilometer itu dikerjakan hanya dalam waktu 4 tahun dan melibatkan 10.000 pekerja. Wow amazing banget ya!

Pembangunan jembatan ini menggelontorkan dana sebesar $8.5 juta. Ketinggian jembatan ini diperkirakan sekitar 31 meter di atas permukaan laut.

Selain jembatan Danyang Kunshan, Cina pun memiliki 6 jembatan panjang lainnya yang dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan-jembatan tersebut antara lain: Tianjin Grand Bridge (113.700 meter), Weinan Weihe Grand Bridge (79.732 meter), Beijing Grand Bridge (48.153 meter), Yangcun Bridge (35.182 meter), Hangzhou Bay Bridge (35.673 meter), dan Runyang Bridge (35.660 meter).

Selain jembatan terpanjang, negara yang ibu kotanya Beijing ini memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi guys. Berikut ini beberapa tempat yang biasa dikunjungi para wisatawan di kala musim liburan.

Huangshan (Gunung Kuning)

Pegunungan Huangshan adalah yang terkenal di Cina. Gunung ini terletak di bagian selatan wilayah Anhui dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Zhijin

Goa Zhijin adalah sebuah goa yang terletak di antara sungai Luichong dan Sancha. Dahulu goa ini di dalamnya terdapat sungai panjang namun kini sudah kering sehingga bisa dilalui para wisatawan.

Hutan Bambu Shunan

Hutan ini terletak di pegunungan Liantian, Cina. Bagian tengah hutan Shunan ini ditumbuhi oleh beragam bambu besar dan tegak. Indahnya hutan bambu ini banyak menginspirasi para pelukis di Dinasti Qing

Hutan Batu Shilin

Hutan batu Shilin terkenal akan artistik bebatuannya yang sangat indah. Pegunungan ini terbentuk secara alami, namun demikian keindahan pegunungan ini tiada tandingannya.

Gimana guys ulasan tentang jembatan terpanjang di dunia ini? menarik banget kaaan.. Pastinya dong. Nah buat kamu yang ingin liburan ke Cina, gak usah pake mikir dua kali guys.. Karena disini dijamin gak bakal bikin kamu bosen deh! Yuk liburan😀

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


2 thoughts on “Menyusuri Jembatan Terpanjang di Cina, Danyang Kunshan Bridge

  1. Sejak 2002 Indonesia memiliki Blue Print pembangunan jembatan atas air serupa untuk menggantikan Pantura, dengan demikian ujung2 nya ada di Surabaya dan Jakarta dengan beberapa outlet. Dengan beberapa kendala, akhirnya dana untuk Suramadu cair duluan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s