Pendakian Gunung Rinjani 4 Hari 3 Malam, Ini Yang Akan Kamu Dapatkan

Mendaki Gunung Rinjani merupakan sebuah hal yang paling dinanti bagi para penikmat gunung. Hal ini lantaran gunung yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat ini menyuguhkan panorama yang menawan, yang terkonstelasi dari pintu masuk Desa Sembalun dan berakhir di Desa Senaru.

via adventourland.com
via adventourland.com

Estimasi waktu pada umumnya untuk bercumbu dengan kecantikan gunung yang memiliki tinggi 3.728 mdpl ini adalah 4 hari 3 malam, dengan start pendakian dari Desa Sembalun, bermalam untuk hari pertama di Plawangan Sembalun, kemudian disusul di Danau Sagara Anak, dan terakhir di Pos 3 Senaru. Berikut adalah kronologi pendakian yang disarankan untukmu, serta bentang alam apa saja sih yang akan kamu temukan.

Pendakian Hari Pertama Di Mulai Dari Menyusuri Padang Savana Sembalun Dengan Dominasi Ilalang Yang Menghijau

via hikingrinjani.com
via hikingrinjani.com

Pendakian dimulai dari pintu gerbang Desa Sembalun menyusuri padang savannah yang jarang pepohonan namun ramai akan ilalang. Normalnya memakan waktu sekitar 7 – 8 jam untuk menuju Plawangan Sembalun dengan melalui medan yang agak landai tapi cukup menguras, apalagi kalau di musim kemarau di siang hari.

Tapi, lelah dan dahaganya perjalan kamu bisa dipastikan terlegakan dengan sajian pemandangan ciamik ala hamparan padang rumput menghijau yang menembus batas cakrawala. Belum lagi ditambah dengan ketenangan panorama ketika kamu memutuskan untuk beristirahat di setiap posnya seperti Pos Pemantauan, Pos Tengengean, dan Pos Padabalong.

Beristirahat Di Pos Padabalong Sebentar, Lanjut Menyusuri Punggungan 7 Bukit Penyesalan

via dyasikhsani.blogspot.com
via dyasikhsani.blogspot.com

Normalnya, untuk mencapai pos Padabalong, dibutuhkan waktu tempuh normal yaitu 3 – 4 jam. Setelah itu kamu akan mulai berhadapan dengan bukit yang menghadirkan penyesalan tiada akhir yaitu, 7 Bukit Penyesalan. Medan berbatu yang bercampur dengan pasir adalah rintangan yang sangat menguras fisik apalagi mental. Tapi tidak usah jemu, karena sepanjang jalan setapak menuju Pelawangan Sembalun, kamu akan masih disuguhi oleh pemandangan padang savannah yang luas banget, dan juga beberapa vegetasi pohon tinggi berupa pinus. Waktu tempuh untuk mencapai Plawangan Sembalun dari pos Padabalong adalah 3 – 4 jam

Tiba Di Plawangan Sembalun Remajakanlah Energimu, Untuk Persiapan Summit Attack Dini Hari Nanti

via trekkingrinjani.wordpress.com
via trekkingrinjani.wordpress.com

Baiknya begitu sampai di Pos Pelawangan Sembalun segeralah beristirahat, dan mengisi kalori yang sempat terbuang dengan santai. Jika waktu masih terlalu sore, kamu bisa manjakan mata dengan menyaksikan bentangan gigiran kawah Rinjani yang membentuk Danau Sagaraanak, gagahnya puncak Anjani, dan detik – detik terbenamnya matahari.

Dan ingat, istirahat adalah yang paling penting untuk itu semua, karena pendakian yang lebih sulit akan kamu lewati dalam hitungan 5 – 6 jam lagi.

Dini Hari, Ketika Milky Way Tengah Sejajar Vertikal Di Atas Kamu, Saat Yang Tepat Untuk Memulai Summit Attack Puncak Anjani

via facebook2
via facebook

Bangunlah. Pendakian sesungguhnya telah dimulai. Persiapkan diri kalian menghadapi dingin, serta pijakan pasir yang rentan. Bawa kalori dan mineral yang cukup untuk melakukan summit attack. Serta penerangan yang menuntun pijakan kamu lebih ajek. Jangan tanya berapa lamu kamu akan sampai puncak, nikmati saja setiap langkahnya, dan jika lelah pandangi bintang.

*Untuk mencapai puncak Anjani waktunya bervariasi tergantung dari keadaan fisik dan speed masing – masing pendaki. Namun rata – rata adalah 7 – 8 jam.

Selamat Kamu Mencapai Puncak Anjani! Abadikan Momentmu Dan Sukurilah Kemahabesaran-Nya Dengan Konstelasi Bentang Alam Yang Disuguhkan

via facebook
via facebook

Lelah berjibaku dengan track pasir berbatu, kini saatnya rasa puasmu terbayarkan. Lihat bentang alam dari puncak tertinggi ke-3 Indonesia. Hamparan awan yang menggumpal, matahari terbit yang sedemikian emas, gugusan gunung Tambora di ufuk timur, dan gagahnya gunung Agung di titik matahari terbenam

Lihat agak sedikit ke bawah, betapa megahnya Danau Sagara anak dengan Gunung Barujari yang sesekali mengepulkan asap vulkanik. Dan jangan lupa juga abadikan momentmu bersama rekan se-pendakian dari atas sana.

Ketika Menuruni Track Berpasir, Jangan Lewatkan Berpose Elegan Di Letter E

Letter E
via instagram

Jangan buru – buru turun ke Plawangan Sembalun, sempatkan abadikan momen lagi. Tepatnya sekitar setengah jalan punggungan berpasir. Ada satu spot yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tinggal atur sudut pengambilang gambarnya, dan hasilnya jadi keren.

Tiba Di Plawangan Sembalun, Isi Ulang Energi Dan Langsung Capcus Ke Danau Sagara Anak

via cmeythasari.wordpress.com
via cmeythasari.wordpress.com

Sesampainya di Plawangan Sembalun, isi energi dan persiapkan untuk perjalanan selanjutnya menuju Danau Sagara Anak. Medan yang ditempuh adalah kontur menurun dengan pijakan batu. Kurang lebih 2 jam lalu akan melalui kontur yang landai naik turun sampai menuju camp ground Danau Sagara Anak.

Sesampainya Di Sagara Anak, Banyak Pilihan Mulai Dari Abadikan Panorama Celestial, Atau Mandi Air Panas

via twitter.com
via twitter.com

Jika pada malam itu pemandangan malamnya cerah, cobalah untuk mengambil beberapa momen dengan memadukan latar Danau Sagara anak dengan hamparan bintang.

Selain itu ada pilihan lain juga yakni turun sedikit ke jalur mata air lalu melipir ke pemandian air panas. Maka yang akan kamu dapatkan adalah relaksasi tiada tara dari segala kelelahan kamu pada hari itu.

Nuansa Pagi Sagara Anak Tiada Duanya, Bangunlah Dan Abadikan Momen Terbaikmu

via trekkingrinjani.com
via trekkingrinjani.com

Keluar tenda saat fajar hendak menyingsing. Dan persiapkanlah matamu termanjakan dengan rona pagi yang gradasinya penuh nilai seni. Dengan latar Danau Sagara anak dan Gunung Baru Jari semua akan terasa sempurna.

Hari Kedua Selepas Makan Siang, Lanjut Melintasi Pelawangan Senaru

via azuriette.blogspot.com
via azuriette.blogspot.com

Menghabiskan waktu tempuh 3 – 4 jam, dengan medan menanjak lagi berbatu perjalanan dilanjutkan dengan stop point Pelawangan Senaru. Dengan tinggi 2.641 mdpl kamu bisa mengabadikan moment rinjani cantik lainnya dengan latar puncak Anjani dan Gunung Barujari.

Memasuki Malam Berkemah Di Pos 3 Senaru Adalah Pilihan Yang Tepat

via noviabdi25.wordpress.com
via noviabdi25.wordpress.com

Pada umumnya pendaki melanjutkan menuju pos 3 Senaru untuk menghabiskan 1 malam lagi. Medannya adalah peralihan dari jalur pasir dengan vegetasi hutan hujan tropis.

Dan keesokan harinya kamu tinggal menyelesaikan 2 – 3 jam jalan menurun untuk menyudahi perjalanan panjang atau sampai di Jebak Gawah (Gerbang Masuk Jalur Rinjani Via Senaru)

Estimasi perjalanan

Hari pertama :

Desa Sembalun – Pos 3 Padabalong : 4 jam
Pos 3 Padabalong – Plawangan Sembalun (camp) : 4 jam

Hari Kedua :

Plawangan Sembalun – Puncak Anjani (summit attack) : 7 jam
Puncak Anjani – Plawangan Sembalun : 3 jam
Plawangan Sembalun – Camp Ground Sagara Anak : 3 1/2 jam

Hari ketiga :

Sagara Anak – Plawangan Senaru : 3 jam
Plawangan Senaru – Pos 3 : 1 jam

Hari keempat :

Pos 3 – Jebak Gawah : 3 jam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s