Segala Potensi Pariwisata Ada Di Sumbawa

Topik : Wisata Dalam Negeri

Subtopik : Wisata ke Sumbawa

Tak setenar Bali, juga tak seramai Pulau Jawa, namun pulau ini menjanjikan sebuah eksotisme. Ialah pulau Sumbawa, sebuah Pulau di kawasan Indonesia timur yang sarat akan potensi wisatanya. Pulau yang senantiasa menggugah gairah anak backpacker Indonesia untuk menjamahnya, walau hanya satu kali.Hmm, barangkali di telinga anak backpacker sekalian jarang terbelesit objek wisata di Pulau ini. Oleh karena itu, kali ini mimin akan coba mendeskripsikan apa aja sih objek wisata cantik di Pulau savana ini. Juga bagaimana sih kondisi alamnya. Dan yang paling penting seberapa menjanjikannya sih objek wisatanya.

Sebelumnya, kenalan dulu yuk dengan pulau ini. Jadi Pulau Sumbawa ini berada di provinsi Nusa Tenggara Barat yang secara geografis terletak di kordinat 8°47 Lintang Selatan dan 118°5 Bujur Timur. Luas wilayahnya adalah 15,448 km2 . Pulau tersebut terbagi kedalam empat kabupaten, yaitu Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima

Pulau Sumbawa, Surganya Para Travellers

Kontur pulau Sumbawa ini cenderung landai, dimana didominasi oleh area rawa dan savana. Namun bukan berarti disana gak ada dataran tingginya lho guys. Ada satu gunung yang bercokol sendirian di pulau tersebut, nama gunung tersebut adalah Gunung Tambora (2,850 m). Oh ya gunung ini aktif lho, dan tentu saja recommended buat kalian yang hobi mendaki.

teluk saleh
Teluk Saleh, Salah Satu Objek Wisata Kebanggaan Pulau Sumbawa

Selain itu karena bentuknya yang seperti segi yang tidak beraturan, membuat pulau Sumbawa memiliki banyak pantai dan teluk. Tercatat lebih dari 30 nama pantai sudah disematkan. 10 diantaranya yang banyak dikunjungi adalah, Pantai Tanjung Pasir, Pantai Ai Manis, Pantai Tanjung Pangamas, Pantai Bajopulo Sape, Pantai Batu Gong, Pantai Labuhan Sawo, Pantai Sekokat, Pantai Jemplung, Pantai Teluk Saleh, dan Pantai Tero.

Kesekian pantai ini memiliki karakteristiknya guys masing – masing. Misalnya saja pantai Teluk Saleh, Kalau kalian kesini, kalian bakal disuguhi pemandangan sunrise yang sempurna. Secara pantai ini menghadap ke arah Timut. Sementara kalau mau lihat sunset yang paling indah, kalian bisa meluncur ke kota Sape.Tak jauh dari kota tersebut, kalian akan menemukan satu spot yang indah banget, namanya adalah Pantai Bajopulo Sape. Kedua pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang gak kalah lho guys dengan pantai lain. Remember the name!. Sementara buat kalian yang suka surfing dan main ombak, maka pantai Sili dan Maci bisa menjadi opsi terbaik.

ai beling
Air Terjun Ai Beling

Selain wisata pantai, Sumbawa juga memiliki banyak stok untuk kalian yang ingin berwisata darat. Salah satunya adalah air terjun Ai Beling. Air terjun ini terletak di desa Sempe, tepatnya sekitar 20 KM ke arah barat daya dari kota Sumbawa Besar. Air terjun ini pastinya bakal memanjakan mata kalian, secara konturnya yang berundak – undak yang dialiri air dan dihiasi oleh bebatuan. Selain itu masih ada lagi yakni wisata savana. Salah satu yang paling terkenal terletak di Pulau Moyo. Disini kalian bisa ngeliat langsung berbagai macam atraksi berkuda. Bahkan dengan jokinya anak kecil lho guys.

Udah abis? Eits belum, masih ada lagi yakni Wisata Budaya. Sumbawa juga kental lho dengan kultur masyarakat setempatnya. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah Tenun. Tenun ini guys merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Sumbawa lho. Bahkan hasil menenun ini, sampe di ekspor ke luar negeri guys. Bangga donk ya? Kemudian masih banyak lagi nih spot – spot bernuansa budaya yakni antara lain ; Desa Tepal yang konon masyarakatnya masih menjaga kelestarian budaya Samawa leluhur mereka. Terbukti dari konstruksi rumahnya yang berbentuk panggung dan cara berpakaian dengan menggunakan tenun tradisional. Ada lagi di desa Pamulung. Disana bahkan ada atraksi berkuda, dan balapan kerbau. Selain itu ada disana juga sering lho dipentaskan pertunjukan tarian dan musik tradisional

Wah keren banget ya. Yuk langsung jelajahi, tunggu apalagi?

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656

 


3 thoughts on “Segala Potensi Pariwisata Ada Di Sumbawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s