Tana Toraja, Tempat Wisata Penuh Magis

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Tana Toraja

asdqw
Tana Toraja

Tana Toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawei Selatan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.203 km2 dan berpenduduk sebanyak 221.081 jiwa. Penduduk yang mendiamii Tana Toraja adalah suku Toraja yang masih tradisional yang menganut gaya hidup Austronesia. Kebanyakan masyarakat Tana Toraja bekerja sebagai petani sayur-sayuran, kopi, cengkeh, cokelat dan vanili. Masyarakat Tana Toraja sangat menghormati para leluhurnya, disini kalian akan melihat beragam upacara-upacara adat yang dipersembahkan untk para leluhur yang sudah meninggal. Kalian akan melihat banyak sekali makam para leluhur yang masih dijaga dengan rapi dan teratur.

Pada tahun 2004, berkat kekayaan budaya yang dimiliki Tana Toraja, tempat wisata ini masuk ke dalam daftar warisan budaya oleh UNESCO (Insription World Heritage).

Ketika memasuki Tana Toraja pemandangannya bagus banget guys! Kalian akan disuguhkan oleh pemandangan pepohonan yang rindang di sepanjang jalan, setelah itu pemandangan batu-batu granit berwarna abu-abu dan pegunungan yang sangat biru. Kontras warna yang begitu menakjubkan ini pokoknya keren banget deh😀

Objek Wisata

Tana-Toraja-Culture-Indonesia-5
Rambu Solo – Upacara Adat Tana Toraja

Londa

Londa ini merupakan bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Bebatuan curam yang sangat indah ini terletak sekitar 5 kilometer ke arah selatan dari Rontepao.

Lemo

Nah ini adalah ciri khas dari suku Tana Toraja. Kita bisa melihat mayat yang disimpan di ruang terbuka, di tengah bebatuan yang curam. Satu lubang kuburan digunakan untuk satu keluarga. Pada waktu tertentu pakaian dari mayat-mayat tersebut diganti melalui upacara yang disebut Ma Nene. Semakin tinggi kuburan dibuat menandakan status orang tersebut sangatlah tinggi di dalam masyarakat. Di beberapa kuburan akan ditemukan tau-tau, yakni patung pahat berbentuk manusia. Kompleks pemakaman ini memadukan antara seni, ritual dan kematian.

Batu Tumonga

Di kawasan ini anak backpacker akan menemukan 56 buah batu menhir berukuran 2-3 meter yang diletakan secara melingkar dengan 4 pohon yang diletakan di bagian tengah lingkaran. d

Upacara Adat

Masyarakat Tana Toraja sangat menjaga keaslian budaya yang dimilikinya. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan tanah mereka dan juga masih adanya kepercayaan-kepercayaan

Upacara Orang Mati yang Hidup

Upacara ini dilakukan masyarakat untuk persembahan orang  yang sudah meninggal. Puluhan kerbau dan babi disembelih di depan umum.

Toraja Fiesta

Acara ini merupakan ungkapan kegembiraan suku Tana Toraja. Acara ini menampilkan serangkaian tanah dan atraksi dari 15 kecamatan di Tana Toraja.

Rambu Solo

Upacara ini dilakukan untuk menghormati dan mengantarkan arwah orang meninggal menuju nirwana/surga. Ada beberapa rangkaian ritual yang harus dilakukan dalam upacara ini yakni pembungkusa jenazah, menghiasi peti jenazah, menurunkan jenazah ke lumbung, dan pengusungan jenazah ke tempat terakhir.

Akomodasi

Soal akomodasi nih guys, anak backpacker yang berjiwa petualang bisa tinggal di rumah warga. Biasanya warga sangat welcome banget buat nerima tamu dari luar, inget asal sopan dan menuruti norma yang ada yah :p.

Atau buat kalian yang pengen tinggal di hotel, bisa memilih beberapa hotel berikut ini:

–        Hotel Heritage Toraja

–        Toraja Prince Hotel

–        Hotel Marante Toraja

–        Hotel Maranu

–        Dll

Menuju Tana Toraja

Menuju Tana Toraja, anak backpacker bisa terbang menuju Bandara Sultan Hasanudin di Makassar. Dari bandara, kalian bisa menumpang bus menuju ke Rantepao dengan menempuh perjalanan selama 8 jam.

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s