Ikuti Serunya Pendakian Himalaya : Part I

pokhara_annapurna_himalaya__nepal_
Pegunungan Himalaya

Kepuasan tertinggi bagi seorang pendaki adalah menaklukkan puncak tertinggi di dunia. Betul gak anak backpacker sekalian? Hehe. Yap pegunungan Himalaya, dengan puncak tertinggi di dunianya yakni Mount Everest. Berjalan berhari – hari menyusuri punggungnya merupakan sebuah kepuasan tingkat tinggi.

Kali ini yuk kita ngomongin tentang Mount Everest. Mulau dari start awal pendakian ke sana, hal – hal menarik apa yang ada disana, juga tips and trick mendaki gunung tertinggi di dunia ini. Walaupun kali ini kita gak eksplore pendakian sampai puncaknya, but sampe ketinggian 6000 meter aja dah oke banget lho. Yuk deh mulai!

Rute Pendakian

unduhan
Pendakian Himalaya

Berikut adalah pilihan rute pendaikannya : Kathmandu – Lukia – Phakding – Namche – Dole – Macchermo – Gokyo – Thangnag – Cho la – Dzong La – Lobuche – Gorak Shep – Everest Base Camp – Kala Pattar – KongMa La – Chukung – Imja Tse. Dan sekedar informasi, rata – rata jumlah hari yang dihabiskan adalah sekitar 23 – 25 hari.

Part I : Kathmandu – Lukia – Phakding

Sagarmatha-National-Park-Nepal
Pemandangan Puncak Everest Dari Sagarmatha National Park Nepal

Untuk menuju kota Kathmandu, biasanya perlu melakukan Stop over night di Singapura. Dari sana langsung menuju Kathmandu. Setelah nyampe ke Kathmandu naik lagi pesawat kecil ke Lukia (2840). Oh ya di Lukia ini medan pendaratannya cukup berbahaya lho, but gak usah kawatir pilotnya sudah terlatih.

Di Lukia ini kalian bisa melihat pemandangan mengagumkan jajaran Pegunungan Himalaya yang berdiri kokoh. Di Lukia ini biasanya para porter gunung Everest sudah siap menyambut kedatangan kita. Udah Ready semua, langsung tracking pertama dimulai ke desa Phakding. Waktu yang ditempuh untuk mencapai desa tersebut adalah sekitar 3 Jam.

Setelah tiba di Phakding (2656), destinasi selanjutnya adalah Namche (3450m). Kalian nanti bakal ngelewatin sungai yang cukup deras melalui jembatan gantung. Sepanjang trek adalah hutan yang ditumbuhi Magnolia, Rhododendron dan cemara. Jika kita beruntung pada tebing sisi atas sungai akan terlihat rusa dan Himalayan Tahr.

Sebelum nyampe ke Namche, kalian perlu bayar tiket masuk taman ke Taman Nasional Sagarmatha. Di spot ini, kalo langitnya bersih, kalian bisa mendapatkan penampakan pertama Puncak Everest.

Part II : Namche – Dole – Macchermo

machermo
Sungai Machermo – Ketinggian 4000 m

Sudah nyampe di Namche, disarankan kita untuk melakukan proses aklimatisasi. Nah apa itu aklitimasi? Aklimatisasi adalah proses penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar, dimana kalian bakal terbiasa dengan suhu dingin dan kadar oksigen yang rendah. Biasanya proses ini dilakukan selama kurang lebih 1 hari.

Destinasi selanjutnya adalah desa Dole (4050m). Dari Namche kalian bakal berjalan kurang lebih 3 jam. Pada perjalanan kalian akan melewati banyak kharkas, yakni sebuah pemukiman yang digunakan para sherpa yang membawa kawanan yak untuk merumput di dataran yang tinggi.

Selain itu pemandangan lain yang gak kalah kerennya adalah berdirinya dua puncak pegunungan Himalaya Khumbila dan Tawachee (6.542 m). Oh ya guys, nanti begitu kalian udah memasuki ketinggian 4000 meter keatas di Desa Dole (4050 m), akan datang gejala pusing – pusing. Hal ini wajar karena pada ketinggian tersebut oksigennya sudah menipis.

Setelah melewati Dole, perjalanan dilanjutkan ke Macchermo (4410 m). Sebelumnya kalian akan melewati Lharbama dan Luza yang diwarnai dengan bebatuan dan Salju. Disini ada sebuah danau yang keren abis. Bisa digunakan untuk istirahat nih guys.  Setelah itu trek akan terus menanjak sepanjang sisi lembah, naik tinggi di atas sungai deras, dan sampailah di desa Machhermo di 4410m.

Macchermo menandai “titik kritis” terkait penyakit ketinggian.

Umumnya gejala AMS akan semakin terasa seperti pusing, mual, muntah, dan kehilangan daya pikir. Di desa ini pula terdapat klinik HRA (Himalayan Rescue Association) yang lumayan lengkap dan memadai, jika gejala AMS sangat terasa, disarankan untuk tinggal di desa ini pada keesokan harinya, dan melakukan aklimatisasi.

To be continued

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s