Alas Purwo, Surganya Para Travellers

Topik : Wisata Dalam Negeri
Subtopik : Wisata Ke Alas Purwo

Anak backpacker suka wisata yang alami? Yang back to nature banget? Kalau iya, salah satu objek wisata di Banyuwangi bisa nih buat jadi referensi ngetrip kalian. Namanya adalah ‘Alas Purwo’

Apa Sih Itu Alas Purwo?

img2
Alas Purwo

Jadi gini anak backpacker sekalian, Alas Purwo ini merupakan objek wisata berupa taman nasional yang letaknya di ujung timur pulau Jawa. Luas wilayahnya sendiri mencapai 43.000 ha, yang terbagi kedalam 4 kawasan, yakni : kawasan inti (sanctuary zone), kawasan rimba (wilderness zone), kawasan pemanfaatan (intensive use zone), dan kawasan penyangga (buffer zone).

Jika kalian menelusuri setiap sudut dari Alas Purwo ini, kalian bakal mendapati kontur tanah yang cukup datar dan agak sedikit bergelombong. Juga disekeliling kalian, banyak terdapat berbagai macam jenis flora seperti jenis bambu, bakau, lilia, semak, tanaman pantai, serta tanaman hutan hujan tropis. Selain itu fauna disana juga gak kalah bervariasi lho. Tercatat lebih dari 50 species langka di dunia ada disini. Beberapa diantaranya adalah : rusa (Cervus timorensis), babi hutan (Sus scrofa), macan tutul (Panthera pardus), dan luwak (Paradoxurus hermaprhoditus).

Gak hanya hutan aja lho anak backpacker sekalian yang menarik disini. Di Alas Purwo ada juga objek Pantai yang juga gak kalah asri nan eksotis. Pantai tersebut bernama Pantai Muncar. Uniknya kontur pantai ini gak landai, melainkan berliuk – liuk di belakangnya. Oh ya di pantai ini juga ada penangkaran penyu lho. Kemudian tepat di belakang pantai tersebut ada bukit yang juga memanjakan mata, namanya ‘Tanjung Sembulungan’. Wah asyik yah..

Tips Berpetualang Di Alas Purwo

alas purwo
Alas Purwo

Berikut tips buat kalian berpetualang di Alas Purwo

  • Naik Jeep

Dikarenakan luas Alas Purwo yang berhektar – hektar ini, akan lebih efektif jika kalian menjelajah setiap sudutnya dengan menggunakan Jeep. Adapun untuk biaya yang perlu dipersiapkan adalah Rp. 200.000 untuk kapasitas sekitar 6 orang

  • Pilih waktu yang tepat buat berinteraksi dengan satwa disana

Biasanya satwa – satwa di Alas Purwo itu akan berhamburan keluar saat matahari terbit hingga kurang lebih pukul jam 9 pagi. Setelah itu mereka akan mencari tempat teduh. Oleh karena itu, disarankan buat kalian yang pengen berinteraksi dengan satwa – satwa tersebut, baiknya dilakukan di pagi hari.

  • Datanglah Saat Bulan April – November

Buat kalian yang pengen ketemu sama penyu – penyu imut seperti penyu belimbing, penyu sisik, penyu abu – abu, dan penyu hijau, disarankan untuk datang sekitar bulan April – November. Karena waktu tersebut merupakan waktunya penyu – penyu tersebut kembali ke pantai untuk menetaskan telurnya.

Objek – Objek Menarik Di Alas Purwo

pantai trianggulasi
Pantai Trianggulasi, Salah Satu Objek Favorit di Alas Purwo

Buat kalian yang udah mantep banget pengen pergi ke Alas Purwo, pastikan jangan ketinggalan untuk mengunjungi objek – objek dibawah ini, yaitu:

–        Pantai Trianggulasi : tempat bertelurnya 4 jenis penyu

–        Pancur : disini ada Sungai yang alirannya cukup deras dan menjadi pintu gerbang ke goa – goa disana

–        Pantai Plengkung : tempat buat liat sunrise terbaik neh

–        Ngegalan : Juga tempat penangkaran penyu

–        Pantai Muncar

–        Makam Gandrung : tempat para nelayan sukuran kalo abis nangkep ikan

–        Tanjung Sembulungan

–        Cunggur : wilayah burung – burung Australia migrasi ke Jawa

–        Pantai Kayu Aking : terdapat pasir putih seluas 12 KM

–        Sagoro Anakan : ada kawasan mangrove

Kuliner

unduhan
Nasi Rawon, Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur

Buat yang pecinta kuliner, jagan ketinggalan juga nih nyobain makanan khas warga Alas Purwo, yaitu : Sego Tempong, Rawon Setan, Ndok Pindang, dan masih banyak lagi

Akomodasi

Untuk akomodasinya salah satu homestay yang paling direkomendasikan adalah Camp G-Spot dimana harganya berkisar antara Rp. 200.000 sampai Rp. 500.000 tergantung fitur dan kapasitas yang kalian pilih.

Sekian

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s