Yuk Mendaki Gunung Tertinggi di Kalimantan, Gunung Kinabalu

Topik: Wisata Luar Negeri

Subtopik: Wisata ke Gunung Kinabalu

unduhan
Gunung Kinabalu

Ada yang pernah ke Gunung Kinabalu? Kalo belum nih kita punya sedikit informasi tentang tempat wisata Gunung Kinabalu beserta jalur pendakiannya. Gunung ini merupakan yang tertinggi di Kalimantan, namun meski begitu Gunung Kinabalu terletak di kota Kinabalu, Sabah, negara bagian Malaysia. Jadi secara teritori, gunung ini adalah milik Malaysia. Kota Kinabalu adalah kota kecil yang yang berada di pesisir sebelah utara pulau Kalimantan, kota ini berhadapan dengan Laut Cina Selatan.

Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.100 meter di atas permukaan laut. Ketinggian tersebut membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi di Asia Tenggara. Untuk mendaki gunung ini, kalian gak perlu repot-repot mendaki memanjat tebing atau melewati jurang karena di gunung ini sudah ditata dengan rapi sebuah tangga yang tersusun dari bebatuan. Dengan melalui tangga ini pengunjung bisa dengan mudah sampai ke puncak dengan waktu kurang dari 4 jam. Wow!

Wilayah gunung ini didominasi oleh bebatuan yang sudah berumur ratusan tahun dan memiliki uuran yang besar-besar guys.. Jalanan yang terbuat dari bebatuan pun terkadang membuat jalanan jadi licin sehingga kalian harus hati-hati ketika mendaki gunung ini.

Pendakian ke Gunung Kinabalu

pondok timpohon
Pondok Timpohon, Start Awal Pendakian Gunung Kinabalu

Well, untuk bisa mendaki gunung ini kalian harus memesan tempat penginapan sebelumnya. Jika tidak memiliki tempat penginapan di sekitar area gunung kita tidak diperkenankan untuk mendaki satu langkah pun. Jika sudah mendapat penginapan barulah kita bisa mendaki gunung tertinggi di Asia Tenggara ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan penginapan.

Sebelum mendaki, anak backpacker akan dikenakan biaya masuk sebesar RM 4 per orang. Selain itu anak backpacker juga harus menyewa jasa pemandu, jika tidak ingin kesasar. Harga sewa pemandu sekitar RM 128 per pemandu.

Berikut ini jalur pendakian yang biasanya harus kalian lewati jika ingin sampai ke puncak:

  1. KM 0, adalah Pondok Timpohon. Di titik ini anak backpacker akan memulai perjalanan untuk sampai ke puncak. Ada jasa penyewaan tongkat untuk memudahkan kalian mendaki.
  2. KM 0 – 1, adalah jalur dengan sedikit pendakian. Di jalur ini kalian akan melihat pemandangan air terjun Carson.
  3. KM 2 – 4, adalah jalur pendakian anak tangga yang dibuat dari bebatuan dan tanah yang telah disusun rapi.
  4. KM 4 – 6, disinilah tantangan yang sesuangguhnya dimulai. Kalian akan melewati jalur berkabut dan juga jalan setapak yang terdiri dari bebatuan yang beraneka ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Jalanan pada titik ini sangat licin.
  5. KM 6, merupakan titik untuk beristirahat di penginapan Laban Rata Resthouse.
  6. KM 6 – 8, ini adalah titik terakhir yang harus kalian lewati untuk sampai ke puncak Gunung Kinabalu. Ada sedikit tebing yang harus dipanjat, tspi mudah untuk dilalui. Kemudian sampai deh di puncak dengan pemandangan pepohonan hutan tropis khas Pulau Kalimantan.

Flora dan Fauna

09_rafflesia
Rafflesia, Salah Satu Fauna Kebanggaan Kinabalu

Gunung ini dilindungi oleh Taman Nasional Kinabalu. Terdapat berbagai macam flora dan fauna. Tercatat sekitar 5.000 – 6.000 spesies tanaman berada di gunung ini. bungga bangkai Rafflesia ada juga lho disini. Sedangkan faunanya, kalian bisa menemukan orang utan, badak becula satu, dll.

Menuju Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu terletak sejauh 100 kilometer di sebelah timur kota Kinabalu. Anak backpacker bisa menumpang bus yang Terminal Bus Jalan Padang dengan ongkos RM 16 per orang.

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


6 thoughts on “Yuk Mendaki Gunung Tertinggi di Kalimantan, Gunung Kinabalu

  1. Mau tanya nih gan, kalo penginapan di area kinabalu susah dicari ga ya? Range harga berapa? Satu lagi mengenai izin pendakian di gunung tersebut gimana? Langsung atau ada booking dulu?
    Makasih yaa

    1. di deket basecampnya ada kok yang menyediakan homestay, itu sekitar 250 – 350 malaysian ringgit per malam. Cukup untuk menampung hingga 10 orang tapi beberapa lesehan hehe.

      kalo event2 besar seperti tahun baruan, atau hari besar negara malaysia disarankan booking dulu karena kadang2 over quota. Tapi kalau hari weekend / weekdays biasa sih gak perlu, bisa langsung datang basecamp pendakiannya trus lapor diri. Nah untuk lapor dirinya ini, bawa aja foto kopi paspor dan juga siapkan uang administrasinya sekitar 10 ringgit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s