Gunung Bromo, Maha Karya Terindah dari Jawa Timur

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Gunung Bromo

mount bromo
Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan sebuah gunung yang berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Gunung api yang masih aktif di Jawa Timur ini merupakan destinasi wisata favorit bagi para wisatawan asing maupun lokal. Bromo terletak di empat wilayah sekaligus lho guys! Empat wilayah yang ditempati oleh gunung ini adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Pasuruan dan Lumajang. Gunung ini pernah mengalami letusan dahsyat pada tahun 1974, dan terakhir kali meletus pada tahun 2010. Rata-rata meletusnya gunung ini teratur, yakni tiap 30 tahun sekali.

Gunung Bromo termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki lahan berpasir seluas 5.250 hektar. Suku Tengger adalah penghuni di Gunung Bromo ini, setiap satu tahun sekali masyarakat mengadakan ritual yang bernama Yadnya Kasada atau Kasodo. Ritual ini mempersembahkan berbagai macam sayuran, lauk pauk dan uang yang dilemparkan ke kawah gunung api dan dilakukan pada malam hari. Tujuan dari dilakukannya ritual tersebut adalah sebagai persembahan untuk dewa.

Kegiatan

Udah sampai di Bromo bingung mau ngapain aja? Gak usah bingung lagi.. Kalian Cuma kudu enjoy menikmati pemandangan alam yang ada. Tapi kalo masih bingun juga, oke nih kami punya referensi kegiatan yang bisa kamu lakukan selama di Gunung Bromo.

Sunrise di Pananjakan

Puncak_pananjakan_Bromo_1_by_Petrusloo
Sunrise di Pananjakan

Melihat sunrise atau matahari terbit adalah salah satu hal yang wajib dilakukan ketika di Bromo. Menikmati indahnya matahari terbit di selah-selah Gunung Bromo merupakan pemandangan yang tak bisa didapatkan di tempat manapun. Pemandangan sunrise akan semangat menakjubkan dengan adanya kabut yang mengitari di atas gunung. So funtastic! Jangan lupa bawa kamera kamu buat mengabadikan momen berharga ini ya😀

Pasir Berbisik

unduhan
Pasir Berbisik

Lautan pasir seluas 15 kilometer persegi di kaki Gunung Bromo pun tak boleh kalian lewatkan. Disinilah tempat syuting salah satu film terkenal dari Indonesia yang berjudul “Pasir Berbisik”. Hamparan pasirnya luas banget guys! Di daerah ini terdapat kuil umat Hindu yang konon tidak hancur meskipun gunung meletus.

Berkuda ke Kawah

24
Berkuda Ke Kawah Bromo

Nah ini adalah kegiatan favorit yang biasa dilakukan para pengunjung di Bromo guys.. Banyak jasa penyewaan kuda yang bisa kalian temukan jika ingin sampai ke kawah gunung. Harga untuk sewa kuda berkisar dari Rp 50.000 – Rp 70.000. Namun untuk bisa sampai ke dekat bibir kawahnya, kalian harus rela berjalan sekitar 300 anak tangga lagi. Seru banget guys!

Tips

Suhu udara di Gunung Bromo sangat dingin bahkan di siang hari. Bawalah peralatan tubuh seperti ajket tebal, topi, syal untuk melindungi tubuh anak backpacker agar tetap hangat. Kemudian jika ingin melihat sunrise disarankan untuk berangkat dari penginapan mulai pukul 03.00 pagi

Menuju Gunung Bromo

Btw buat anak backpacker yang ingin berkunjung ke Bromo gampang banget kok caranya.. Dari Bandara Juanda, Surabaya kalian bisa menaiki taksi menuju ke Terminal Purabaya dengan ongkos Rp 40.000 hingga Rp 50.000 sekali jalan. Setelah turun di terminal, anak backpacker hanya perlu mancari bus ke arah Terminal Bayu Angga Probolinggo dengan ongkos bus sekitar Rp 50.000 bus tanpa AC dan Rp 80.000 bus dengan AC.

Gimana guys pengen juga menyaksikan matahari terbit paling indah di Indonesia? Untuk nikmatin tripnya silakan mampir ke link ini guys!!

Bromo Adventure & Rafting  Amprong  (Oktober – Desember 2013) By Smartrip

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s