Ingin Liburan Hemat Tapi Berwawasan Sejarah? Yuk Liburan ke Goa Jatijajar Aja!

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Goa Jatijajar

Taylors_College_Auckland_campus-1
Goa Jatijajar

Anak backpacker pengen liburan? Tapi dananya terbatas? Gak masalah lagi guys.. Kami punya tempat referensi liburan yang seru tapi ramah di kantong. Dimana tuh? Tempat liburan yang dimaksud adalah Goa Jatijajar.

Goa Jatijajar adalah sebuah goa dengan pemandangan eksotis yang berada di Jawa tengah, tepatnya sih di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Desa Jatijajar, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari bebatuan kapur. Panjang goa ini sekitar 250 meter, lebarnya rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata mencapai 12 meter.

Kawasan Goa Jatijajar sudah diperbagus dan sudah ditambahkan fasilitas disana-sini. Jadi memudahkan paran pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan goa ini guys.. Tapi walaupun sudah dipermak dan diperbagus disana-sini tetap gak menghilangkan keasliannya kok😀

Goa Jatijajar

DSCN1041
Pemandangan Di Dalam Goa Jatijajar

Kawasan wisata Goa Jatijajar ini mulai dibangun dan dibuka sebagai tempat rekreasi pada tahun 1975. Orang yang memiliki ide untuk mengembangkan goa ini sebagai tempat wisata untuk umum adalah Bapak Suparjo Rustam, saat itu beliau masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Ketika baru pertama kali menginjakan kaki di Goa Jatijajar, kalian akan disambut dengan jembatan buatan yang sudah dihiasi dengan lampu warna-warni yang membuat suasana goa jauh dari kesan mistis.

Semakin kedalam, anak backpacker akan melihat berbagai pemandangan menarik lainnya. Di goa ini terdapat banyak sekali patung-patung pendekar zaman dahulu dan diorama yang mengisahkan tentang legenda Raden Kamandaka dan Lutung Kasarung. ketika masuk semakin dalam lagi, kalian akan dibuat takjub dengan sungai yang dianggap mitos oleh penduduk setempat, yakni sungai “Sendang Mawar”. Warga setempat percaya jika membasuh muka dengan air sungai ini akan memperoleh keberuntungan dan awet muda. Anak backpacker yang ngerasa sudah terlalu tua bisa nih nyobain cuci muka disini😀

Selain sungai Sendang Mawar, terdapat tiga sungai lainnya yang bisa kalian temukan yakni Sendang Jombor, Sendang Puser Bumi, dan Sendang Kantil. Untuk sungai Sendang Mawar dan Sendang Kantil sudah diperbaharui untuk memudahkan pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air sungainya, sedangkan dua sungai lainnya masih alami dan belum dilakukan perubahan apapun.

Bebatuan di Goa Jatijajar

Seperti di goa pada umumnya, di goa ini kalian pun akan menemukan koleksi bebatuan stalagmit dan juga tiang kapur yang merupakan perpaduan antara stalagtit dan stalagmit. Bebatuan ini terbentuk dari endapan air hujan yang telah bercampur dengan batu kapur yang ada di dalam goa. Bentuk bebatuan yang sangat besar menandakan goa ini sudah berumur sangat tua sekali.

Legenda

jatijajar8
Goa Jatijajar – Goa Penuh Legenda

Goa Jatijajar ini sangat erat kaitannya dengan legenda Lutung Kasarung. Konon goa ini pernah digunakan sebagai tempat bertapa sang Raden Kamandak yang merupakan Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran. Dahulu Kebumen merupakan bagian wilayah dari Kerajaan Pajajaran, yang pusat pemerintahannya ada di Bogor, Jawa Barat.

Low Budget

Nah ini dia keutamaan liburan di Goa Jatijajar. Anak back[acker gak usah khawatir ngeluarin biaya mahal untuk menjelajah keeksotisan goa ini, karena hanya dengan Rp 7.500, kalian bisa berkeliling goa seharian. Soal makanan, di sekitar goa banyak banget warung-warung yang menjual makanan dengan harga yang ramah di kantong. Pokoknya asik deh!

Menuju Goa Jatijajar

Untuk sampai ke goa ini gak susah kok, aksesnya gampang banget, anak backpacker hanya perlu berjalan sejauh 8 kilometer dari Kota Gombong sampai ke Goa Jatijajar.

Ingin tour ke Goa Jatijajar? Silakan hubungi kami di

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com

 


One thought on “Ingin Liburan Hemat Tapi Berwawasan Sejarah? Yuk Liburan ke Goa Jatijajar Aja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s