Ngetrip Ke Stonehenge, Mengenal Sejarah Peradaban Manusia Zaman Prasejarah

Topik: Wisata Luar negeri

Subtopik: Wisata ke Stonehenge, Inggris

K030970

Anak backpacker ingin melihat tempat wisata yang kental akan sejaah peradaban manusia? Stonehenge merupakan kawasan wisata bersejarah yang wajib dikunjungi jika bertandang ke Inggris. Stonehenge terletak di Wiltshire, Inggris.

Anak backpacker akan merasakan takjub ketika melihat bangunan yang disusun dari batuan besar ini. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum. Arkeolog memperkirakan bangunan batu Stonehenge didirikan antara tahun 3.000 SM – 2.000 SM. UNESCO pun menetapkan Stonehenge ini sebagai salah satu warisan dunia yang harus tetap dijaga.

Selain itu percaya atau tidak, semua yang berhubungan dengan magnet gak berfungsi disini. Dirilis dari Geoweek, di area ini segala hal yang berhunungan dengan magnet tidak berfumgsi. Seperti Jam, dan Kompas.

Untuk menikmati wisata bersejarah Stoneheng yang penuh misteri anak backpacker harus membayar tiket sebesar £7.50 untuk orang dewasa dan £4.50 untuk anak-anak.

Sejak abad ke-20 kebanyakan dari batu-batu besar Stonehenge tidak  lagi berdiri tegak, hal ini dikarenakan karena banyak wisatawan yang penasaran ingin menaiki batu besar ini.

Sejarah Stonehenge

Arkeolog pertama yang meneliti tentang Stonehenge adalah William Stukeley pada tahun 1740. William menyatakan bahwa banguanan unik tersebut dibangun oleh kaum Druid pada masa lampau. Penyusunannya sangat unik, sehingga bangunan ini dibagi ke dalam tujuh bagian yakni Stonehenge I, Stonehenge II, Stonehenge III, Stonehenge IV, Stonehenge V, Stonehenge VI, dan Stonehenge VII. Arkeolog kemudian memperkirakan butuh waktu sekitar 20 juta jam untuk membangun Stonehenge menggunakan alat yang masih primitif pada zaman Neolitikum.

Mitos

Banyak mitos yang beredar mengenai keberadaan dari Stonehenge ini. Mitos tersebut terkait dengan legenda yang terjadi pada abad ke-17. Legenda tersebut salah satunya adalah legenda tentang Raja Arthur. Dalam legenda disebutkan dahulu para raksasa-raksasa dari Afrika Selatan membawa batu besar  hingga bisa sampai ke Inggris. Terdapat mitos lainnya yang mengatakan kalau batu besar Stonehenge dicuri oleh seorang Jembalang dari seorang wanita dari Irlandia.

Kegiatan

stonehenge-tours

Kegiatan yang bisa kalian lakukan di Stonehenge ini banyak banget guys.. Kalian bisa berkeliling sambil mendengarkan audio guide yang tersedia dalam berbagai bahasa di dalamnya kalian bisa mendengarkan sejarah tentang Stonehenge.

Buat yang gak suka jalan kaki, kalian pun bisa berkeliling dengan sepeda. Berjalan-jalan menggunakan sepeda akan lebih terasa menyenangkan dan lebih cepat. Anak backpacer bisa menyewa sepeda yang disediakan oleh warga setempat.

Untuk kalian yang suka belanja dan ingin membeli cinderamta khas Stonehenge, kalian bisa berkunjung ke English Heritage Shop. Di toko itu kalian bisa membeli pernak-pernik Stinehenge yang unik dan lucu.

Akomodasi

Soal akomodasi, anak backpacker harus ke kota Salisbury untuk menemukan hotel dengan fasilitas yang lengkap. Namun buat kalian yang suke berpetualang dan langsung berdekatan dengan alam kalian bisa kemping di campsites yang telah disediakan. Area kemping yang tersedia di sekitar Stonehenge antara lain, Old Sarum (8 mil), Upavon (10 mil) dan Stonehenge Touring Park (4 mil).

Menuju Stonehenge

Btw untuk menuju ke Stonehenge gampang banget lho guys.. Anak backpacker bisa menumpangi kereta dari London Waterloo sampai ke stasiun Andover atau Salisbury. Bisa juga naik taksi dari Bandara Internasional LHR London dan berjalan sekitar 70 mil ke arah tenggara.

Disarankan untuk kalian yang ingin liburan ke Stonehenge jangan datang di waktu akhir pekan, karena warga sekitar Inggris banyak yang menghabiskan waktu akhir pekan mereka disini. Anak-anak senang sekali bermain di Stonehenge ini.

Berikut culikan video tentang Stonehenge yang keren abiss

Gimana guys apa kalian tertarik juga menghabiskan waktu liburan kalian di Stonehenge ini?

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Ngetrip Ke Stonehenge, Mengenal Sejarah Peradaban Manusia Zaman Prasejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s