10 Tempat Menarik Di Jakarta

Topik: Wisata Dalam Negeri
Subtopik: Wisata ke Jakarta

Waktu liburan adalah salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang, setuju gak guys? Baik tua maupun muda semua akan senang bila mendengar kata “liburan”. Karena dengan liburan, kita bisa melepaskan diri sejanak dari rutinitas sehari-hari.

Kalo ngomongin soal liburan nih guys.. Ibukota memiliki berbagai tempat menarik yang bisa kalian kunjungi selama waktu liburan. Apa saja ya tempat menarik yang ada di Jakarta ini? Ini dia rangkumannya😀

1.      Monumen Nasional (Monas)

1
Monumen Nasional

Siapa sih yang gak tau Monas hari gini? Yup salah satu objek wisata yang kudu banget kamu kunjungi di Jakarta adalah Monumen Nasional yang terletak di Jakarta Pusat. Monas ini merupakan ikon khasnya dan pusatnya hiburan kota Jakarta. Puncak Monas dilapisi emas. Dari atas Monas kita bisa melihat pemandangan Ibukota secara menyeluruh. Untuk bisa naik sampai ke puncak kalian bisa naik lift dengan membayar tiket seharga Rp 7.000 – Rp. 10.000 per orang. Liburan di Jakarta tidak akan lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

2.      Kota Tua

Museum Wayang, Kota Tua (Old Town), Jakarta
Kota Tua

Kawasan Wisata Kota Tua berada di Jakarta Barat. Setiap akhir pekan tempat ini selalu ramai dipenuhi wisatawan asing maupun lokal. Disini kalian akan menemukan banyak gedung-gedung tua yang masih kokoh berdiri. Ada berbagai museum menarik yang bisa kalian temukan di sekitar kawasan wisata Kota Tua, diantaranya: Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Bank Mandiri. Kawasan Kota Tua sering dijadikan lokasi untuk foto model atau prawedding karena suasana dan pemandangannya sangat bagus dan sangat berkarakter. Buat anak backpacker yang suka berkeliling naik sepeda, disini pun terdapat jasa penyewaan sepeda ontel loh.. Harganya murah kok mulai dari Rp 10.000 – Rp 20.000 per jam.

3.      Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tmii
Taman Mini Indonesia Indah

Tempat menarik selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Di tempat ini kalian akan melihat berbagai miniatur atau replika rumah-rumah adat dari Sabang sampai Merauke. Selain itu kalian juga bisa melihat berbagai pakaian adat, benda suci, seni dan tari budaya dari 33 provinsi yang ada di Indonesia. pada waktu-waktu tertentu di TMII ini selalu diadakan festival seni budaya dengan tema-tema yang menarik guys.

4.      Kebun Binatang Ragunan

Ragunan Zoo Gate
Kebun Binatang Ragunan

Nah, kebun binatang yang satu ini juga gak boleh terlewatkan jika sedang jalan-jalan di Ibukota. Kebun Binatang Ragunan terletak di Jakarta Selatan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. kebun bintanag yang memiliki luas 140 hektar ini didirikan pada tahun 1864. Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi 295 spesies dan 4.040 spesimen. Ragunan masih menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan. Selain biaya tiket masuknya yang murah, fasilitasnya pun sangat lengkap.

5.      Masjid Istiqlal

Istiqlal-Mosque-Jakarta-Indonesia-12
Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid kebanggan warga Jakarta. Masjid yang mampu menampung 200.000 jemaah ini letaknya tak jauh dari Monas. Masjid ini memiliki diameter kubah sekitar 45 meter dan tinggi menara 90 meter. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Biaya pembangunan masjid ini memakan biaya sebesar 7 triliun rupiah. Tak jauh di sebelah timur masjid berdiri kokh Gereja Katedral Jakarta. Berdirinya masjid dan gereja yang bersebelahan menunjukan kerukunan antar agama Islam dan Kristen di Indonesia.

6.      Museum Fatahillah

DSC_0031
Museum Fatahillah

Jika pada point sebelumnya kita sudah membahas tentang Kota Tua. Kali ini kita akan membahas salah satu museum yang berada di kawasan tersebut, yakni Museum Fatahillah. Museum ini merupakan museum paling terkenal di Kota Tua dan memiliki luas sekitar 1.300 meter persegi. Banyak objek-objek menarik yang bisa dilihat di museum ini, antara lain perabotan antik dari abad ke-17 hingga abad ke-19, berbagai macam gerabah dan keramik, dan replika masa Tarumanegara dan Pajajaran. Kalian bisa juga melihat bekas penjara bawah tanah pada zaman penjajahan Belanda. tarif masuk ke dalam museum ini Rp 2.000 bagi pelajar, Rp 3.000 bagi mahasiswa dan Rp 5.000 untuk umum.

7.      Museum Bank Mandiri

26944626
Museum Bank Mandiri

Ingin melihat-lihat koleksi uang zaman dahulu hingga sekarang? Anak backpacker harus coba tempat wisata yang satu ini yakni Museum bank Mandiri. Museum yang letaknya tak jauh dari kawasan wisata Kota Tua ini memiliki berbagai koleksi uang yang berasal dari zaman penjajahan Belanda hingga yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari saat ini. museum ini menggunakan teknologi yang canggih lho guys.. Di dalam museum pengunjung akan dihibur oleh tampilan-tampilan hologram uang yang menarik. Selain itu, ada juga cerita mengenai asal mula terciptanya Bank Indonesia. tiket masuknya gratis!

8.      Perpustakaan Nasional Indonesia

Perpusnas
Perpusatakaan Indonesia

Buat kalian yang suka baca buku, gak ada salahnya nih berkunjung ke Perpustakaan Nasional Indonesia yang ada di Jalan Salemba 27, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku hingga satu juta lebih, terdapat buku bahasa Inggris juga lho.. Untuk bisa membaca di perpustakaan ini kalian gak perlu bayar apapun kok, alias gratis! Perpustakaan Nasional beroperasi mulai dari pukul 08.30 – 15.30 (Senin-Jumat) dan .

9.      Sea World

unduhan
Sea World

Sea World terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Disini kalian bisa melihat dan mempelajari kehidupan di bawah laut. Sea World adalah salah satu akuarium terbesar di Asia Tenggara. Anak backpacker bisa melihat ikan pari yang sangat besar berenang-renang bebas di dalam air. Seruu!

10.   Monumen Pahlawan Revolusi

img_0108
Monumen Pahlawan Revolusi

Monumen ini dibangun atas gagasan presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan para Pahlawan Revolusi Indonesia yang telah menyelamatkan ideologi pancasila dari ancaman ideologi komunis. Adapun para Pahlawan Revolusi tersebut antara lain: Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI M. T. Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan dan Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo.

Yup, selesai sudah review tentang 10 tempat menarik yang ada di Jakarta. Masih banyak tempat menarik lainnya yang wajib kalian kunjungi jika sudah sampai di Ibukota. Sekarang liburan ke tempat wisata di Jakarta lebih mudah dengan menumpang Bus Transjakarta lho guys.. bus Transjakarta melewati tempat-tempat penting di Ibukota dengan ongkos yang murah, yakni hanya Rp 3.500 saja sekali jalan. Murah banget kan!

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com

 


3 thoughts on “10 Tempat Menarik Di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s