Tour Ke Inggris? Jangan Lupa Singgah Dan Rasakan Atmosfer Sepak Bola di Wembley Stadium

Topik: Wisata Luar Negeri

Subtopik: Wisata ke Stadion Wembley

Wembley-Stadium-view-4
Wembley Stadium

Hai anak backpacker yang masih setia mantengin informasi-informasi terbaru dari kami. Kali ini kami akan membahas salah satu stadion yang terkenal di Inggris apalagi kalo bukan Wembley Stadium. Stadion yang memiliki nama lain Empire Stadium ini berlokasi di     Wembley, London, Inggris. Stadion olahraga ini dibangun pertama kali pada tahun 1923 oleh arsitek Sir John William Simpson dan Maxwell Ayrton.

Wembley Stadium mampu menampung orang sebanyak 90.000 orang (awalnya 127.000 orang). Pembangunan Wembley Stadium menghabiskan dana sebesar £750,000 GBP.

And you know guys, objek ini merupakan salah satu destinasi terfavorit para pelancong mancanegara. Gak foto di Wembley Stadium berarti blom afdol ngetrip ke Inggrisnya, hehe.

Sejarah Stadion Wembley

Awalnya Stadion Wembley dibuat untuk Raja George V, kemudian dibuka untuk publik pertama kalinya pada 28 April 1923. Stadion ini sebelum bernama Wembley dikenal dengan nama British Empire Exhibition Stadium.

Wembley Stadium gak hanya dipakai untuk pertandingan sepak bola saja lho guys.. Konser musik kelas internasional pun pernah digelar di stadion bersejarah ini. Tau kan almarhum Michael Jackson? Doi juga pernah konser di stadion ini. mau tau event-event apa aja yang pernah digelar di stadion yang merupakan ikon dari Wembley ini?

White Horse Final

Event pertama yang diselenggarakan di Wembley Stadium adalah White Forse Final. Event ini diadakan pada 28 April 1923 yang mana acara ini merupakan pertandingan final antara Bolton Wanderers melawan West Ham United. Acara final sepak bola ini mendulang sukses dan menyedot penonton lebih dari 127.000 orang. Kapasitas penonton yang berlebihan menyebabkan sebagian penonton harus dikeluarkan dari stadion. Final FA Cup tersebut dimenangkan oleh Bolton Wanderers dengan skor 2-0.

Matthews Final

Pertandingan final kembali diadakan pada tahun 1953 di Wembley Stadium. Bolton Wanderers kembali bertanding di babak final FA Cup 1953. Namun bukan melawan West Ham United melainkan Blackpool. Pertandingan final ini disebut juga dengan nama Matthews Final. Kali ini pertandingan final dimenangkan oleh Blackpool dengan skor 3-0.

Rugby League

Pertandingan olahraga rugby pun pernah diadakan di stadion ini sekitar tahun 1929. France National Rugby League Team merupakan tim internasional pertama yang berhasil menang di Stadion Wembley.

Konser Musik

Stadion Wembley mulai menjadi tempat konser musik pada Agustus 1972. Konser musik pertama yang diadakan disini adalah “The London Rock and Roll Show”. Konser musik akbar tersebut menghadirkan beberapa artis terkenal dari Inggris seperti David Browie, Queen, Paul McCartney, Bon Jovi, U2 dan masih banyak lagi.

Michael Jackson pernah mengadakan konser bertajuk Bad World Tour pada 1988. Konser King of Pop ini diadakan tujuh kali dan berhasil mendatangkan sebanyak 504.000 orang. Konser spektakuler Michael Jackson itu berhasil mencatatkan rekor di Guiness Book of World Record.

FA CUP Final

Dan yang gak kalah ketinggalannya nih anak backpacker sekalian, final FA CUP yang pastinya rutin digelar di stadion ini. Stadion ini keramat banget, apalagi buat para penggila sepak bola dataran britania. Bagaiaman tidak, ada sebuah kebanggaan tersendiri lho bisa menyaksikan tim kesayangan bertanding di Final FA CUP yang digelar di stadion tersebut. Gak cuma FA Cup ternyata guys, ada event sepakbola lainnya yang digelar disana, seperti Finla Liga Champion Eropa, Olimpiade, hingga pertandingan persahabatan timnas Inggris.

Menuju Wembley Stadium

Untuk menuju Wembley Stadium nih guys.. Kalian bisa menggunakan kereta bawah tanah dari Marylebone hingga ke Wembley Stadium. Bisa juga menggunakan jalur metropolitan dan jubilee hingga ke Wembley Park Underground, lalu dari Wembler Park Underground anak backpacker hanya perlu berjalan sekitar 10-20 menit untuk sampai di stadion. Mudah kan?

Untuk booking tour ke dalam Wembley Stadium, kalian kudu memulainya dari jauh – jauh hari. Upayakan sebelum terbang ke Inggris, kalian udah mesti terdaftar, biar nyampe sana langsung masuk. Adapun untuk masuk ke dalam biayanya itu berkisar antara 120 – 150 Poundsterling (GBP). And… jangan lupa ya untuk abadikan setiap moment kalian didalam sana. Really! Sangat prestisius!!

Di sekitar Wembley Stadium anak backpacker yang masih ingin jalan-jalan bisa mengunjungi beberapa tempat menarik seperti Trafalgar Square, Menara London, Tower Bridge, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gimana guys tertarik menonton pertandingan sepak bola di stadion yang dijadikan sebagai tempat latihannya timnas Inggris in? Atau sekedar mengunjunginya untuk berfoto2? jangan ragu hubungi kami ya ^^

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Tour Ke Inggris? Jangan Lupa Singgah Dan Rasakan Atmosfer Sepak Bola di Wembley Stadium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s