Sunset Romantis di Parangtritis, Yuk Atur Rencana Tripmu!

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Parangtritis, Yogyakarta

unduhan
Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini merupakan kawasan wisata yang paling terkenal di Yogyakarta karena menawarkan keanekaragaman hayati yang dimilikinya.

Objek wisata yang paling diminati para wisatawan tiap berkunjung ke Parangtrtis adalah kawasan pantainya. Pantai Parangtritis terletak sejauh 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Kawasan pantai ini sangat istimewa karena merupakan sebuah pantai landai yang dikombinasikan dengan bukit berpasir dan berbatu yang terdapat di sekitarnya.

Biaya tiket masuk untuk bisa ke pantai adalah sebesar Rp 3.000. dengan biaya yang sangat murah tersebut, kalian bisa bermain puas seharian di dalam pantai. Wohooo! Tapi perlu diingat ya, kawasan wisata Pantai Parangtritis ini hanya beroperasi hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Saat-saat yang paling ditunggu-tunggu ketika bersenang-senang di Pantai Parangtritis ini ialah melihat pemandangan sunset yang indah. Cahaya matahari terbenam yang muncul dibalik bukit-bukit akan membuat mata siapapun yang memandangnya akan terpesona. Katanya sih sunset di Parangtritis ini sangat romantis. Banyak pasangan muda yang mengabadikan momen berharganya di pantai ini.

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Parangtritis biasa digunakan untuk ritual-ritual khusus warga sekitar.

Candi Gembirawati

images
Candi Gembirawati

Tau gak sih guys.. Kalau di Pantai Parangtritis ini terdapat sebuah candi yang tersembunyi, nama candi tersebut ialah Candi Gembirawati. Tak seperti candi-candi lainnya yang terletak di dalam pegunungan atau goa, candi ini terletak di bawah tebing. Letaknya sangat tersembunyi jadi jarang sekali wisaawan yang datang mengunjunginya. Namun jika anak backpacker penasaran dan ingin melihat seperti apa wujud dari candi ini, candi ini terletak sekitar 100 meter dari Hotel Queen of South. Terdapat jalan setapak menuju reruntuhan candi yang dianggap mistis oleh warga sekitar.

Pemandian Parangwedang

parang-wedang-2
Pemandian Parangwedang

Objek wisata lainnya yang tak boleh dilewatkan ialah Pemandian Parangwedang. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena percaya air dari pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit. Air pemandian ini mengandung belerang yang cukup tinggi.

Selain Pemandian Parangwedang, lokasi wisata lain yang bisa kalian kunjungi ialah Pantai Parangkusumo.

Kegiatan

Buat anak backpacker yang ingin bersenang-senang di sekitar pantai ini, tersedia dua wahana menarik yang layak untuk dicoba. Pertama adalah wahana ATV, anak backpacker bisa berkeliling di sekitar pantai dengan motor beroda empat ini dengan biaya Rp 50.000 per setengah jam.

Kemudian yang wahana yang kedua adalah dokar (kereta kuda) yang bisa kalian sewa dengan harga Rp 20.000 untuk sekali putaran. Anak backpacker hanya perlu duduk manis menikmati pemandangan pantai yang indah ditemani angin sepoi-sepoi khas pantai.

Mitos

Pantai Parangtritis ini lekat hubungannya dengan mitos Nyi Roro Kidul. Konon katanya pantai ini dulunya merupakan gerbang gaib kerajaan yang dipimpin oleh Ratu Kidul. Karena kuatnya legenda tersebut, pengunjung yang datang ke pantai ini pun disarankan jangan memakai pakaian berwarna hijau muda, karena warna tersebut adalah warna kesukaan sang ratu.

Menuju Parangtritis

Ada dua alternatif rute perjalanan yang bisa anak backpacker lewati jika ingin liburan di Parangtritis. Rute pertama ialah melalui Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis. Rute kedua ialah melewati Yogyakarta – Kretek – Parangtritis.

Berikut Cuplikan video Parangtritis

Gimana guys tertarik untuk berkunjung ke pantai yang berkaitan dengan legenda rakyat ini? jangan ragu langsung aja hubungi nomor yang di bawah ini ya ^^

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Sunset Romantis di Parangtritis, Yuk Atur Rencana Tripmu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s