Tips Hiking : Cara Memasak Nasi Dengan Menggunakan Nesting

Topik : Mendaki Gunung
Subtopik : Tips Mendaki Gunung

Hay anak backpacker sekalian yang hobinya adventure. Pasti suka banget donk sama akvitivitas hiking / mendaki gunung? Secara gitu lho, lewat aktivitas ini kalian gak cuma dapet sisi rekreasinya, melainkan juga sisi adventure-nya.

Nah ngomong – ngomong saat hiking nih anak backpacker sekalian, biasanya kalo makan gimana sih? Pastinya menu nasi putih menjadi pilihan utama donk ya? Cuma, di atas gunung kan jarang yang jualan nasi putih, mau gak mau harus masak sendiri

Nah berikut ini kita akan ulas tentang cara memasak nasi dengan menggunakan nesting saat sedang mendaki gunung

Apa Sih Nesting Itu?

OLFCS
Nesting

Nesting adalah peralatan masak yang fungsinya bisa juga sebagai peralatan makan. Kalo yang sering naik gunung pasti udah gak asing lagi. Peralatan ini biasa dipakai untuk kegiatan outdoor. Bahannya terbuat dari campuran aluminium. Bentuknya kotak ada kuping pegangan di dua sisinya, dan tersusun 3 – 4 rangkap layaknya rantang. Di samping kedua sisinya, dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari karet yang fungsinya adalah sebagai pegangan saat dipakai buat masak. Bentuknya sendiri yang gak makan tempat, sangat cocok nih guys buat dimasukin ke Carrier. Kalau kalian ingin mencarinya, bisa ditemukan di toko – toko perlengkapan outdoor.

Cara Memasak Nasi Dengan Nesting

unduhan
Outdoor Cooking

Udah tau nesting itu apa, nah sekarang kita mulai proses memasak nasinya…

Pertama : yang perlu kalian persiapkan adalah; nesting, kompor portable, gas, beras dan air secukupnya (tergantung jumlah porsi yang diinginkan). Kalau gak ada kompor gimana? Waduh agak repot tuh. Paling kompor paraffine, atau kayu bakar + minyak tanah (buat yang paling emergency)

Kedua : masukkan nasi ke sebuah wadah (bisa pake nesting juga), trus tuang air. Gunanya ini untuk membilas beras yang hendak kalian masak. Adapun untuk takarannya kira – kira perbandingannya itu 1 : 2. Artinya 1 gelas air buat 2 gelas beras.  Untuk menakar berapa banyak porsi perorang itu kira – kira ½ gelas akua untuk 1 porsi. Sesudah itu kalian bilas hingga 3 – 5 kali sampe bener – bener bersih dan bening. Disarankan sih masaknya deket aliran sungai biar gak kehabisan air :p

Ketiga : panaskan air (sejumlah takaran tadi), kemudian masukkan beras kedalam nesting. Tunggu sekitar 7 – 12 menit, atau sampai benar – benar mendidih. Pake apinya yang agak besar ya biar lebih cepet mendidih

Keempat : setelah mendidih, buka tutup nestingnya trus aduk – aduk hingga berulang kali. Gunanya biar airnya meresap ke beras dan biar lebih pulen.

Kelima : setelah diaduk – aduk dan udah dipastikan merata airnya, kita sekarang masuk ke proses menanak nasi. Caranya tutup lagi nestingnya. Kemudian kecilkan apinya. Kira – kira butuh waktu sekitar 10 – 15 menit untuk menunggunya. Ohya jenis beras juga mempengaruhi lho lamanya waktu memasak dan menanak. Kalau normalnya ini dengan beras putih, namun kalau menggunakan beras ‘Pecah Kulit’ bisa dua kali lebih lama.

Keenam : bila nasi telah matang, matikan api dan buka tutupnya. Aduk nasi dengan sendok, dan biarkan beberapa saat agar nasi menjadi tidak basah, seperti tekstur ketika nasi dikukus dengan rice cooker. And… selamat makan🙂

Demikian tips menanak nasi ala anak backpacker dengan menggunakan nesting. Semoga bermanfaat ya

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


2 thoughts on “Tips Hiking : Cara Memasak Nasi Dengan Menggunakan Nesting

  1. Makasih a tipsnya semoga bermanfaat ,
    Oh iya ane pnya masukan gimana klo anda memposting jga info” yg lainya contoh beli peralatan hiking yg harganya sangat pas dgn kantong dll , trimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s