Berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu, Pengalaman Liburan Yang Menakjubkan

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Uluwatu, Bali

uluwatu
Uluwatu

Jika liburan ke Bali, tak akan lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Uluwatu. Nah jika bicara tentang Uluwatu, ada salah satu pura yang terkenal yang wajib dikunjungi, pura tersebut adalah Pura Luhur Uluwatu atau biasa disebut Pura Uluwatu, terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Bali.

Pura Uluwatu terletak di ketinggian 97 meter dari permukaan laut, di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut.

Umat Hindu mempercayai jika pura ini merupakan penyangga dari 9 mata angin. Pura ini didirikan atas anjuran seorang pendeta suci bernama Empu Kuturan pada abad ke-11 untuk digunakan sebagai tempat pemujaan dan ajaran desa adat dengan segala aturan yang ada. Kemudian pada tahun 1546 Masehi seorang pendeta yang berasal dari Jawa bernama Dang Hyang Nirartha datang ke Bali. Setelah kedatangan pendeta tersebut, pura itu pun dipakai untuk tempat memuja sang pendeta.

Di bagian depan pura terdapat hutan kecil yang biasa disebut Alas Kekeran, Hutan tersebut berfungsi sebagai penyangga kesucian dari Pura Uluwatu. Hutan ini biasanya sering menjadi tempat tinggal kera. Anak backpacker disarankan hati-hati karena para kera biasanya mengambil barang-barang para wisatawan seperti kacamata, tas, bahkan kamera.

Aturan Mengunjungi Pura

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan yang ada di Pura Uluwatu, anak backpacker harus membayar tiket masuk seharga Rp 20.000 – Rp 30.000. selama berkeliling di sekitar pura, pengunjung disarankan untuk mematuhi peraturan yang ada. Pengunjung diharuskan memakai kain sarung dan kain selendang (Saree). Kalo gak punya, anak backpacker ga usah kawatri, soalnya pihak manajemen menyediakannya lho

The Best Spot

sunset-uluwatu1
Sunset Uluwatu

Oiya guys…. begitu kalian masuk gerbangnya, kalian akan disambut oleh kawanan lutung. Mereka gak agresif kok, cuma sedikit excited terhadap para wisatawan. Bahkan kalian bisa lho memberikannya makanan hehe

Setelah melewati jalan setapak, kalian bakal nemuin persimpangan, ada yang belok kanan, ada juga yang belok kiri. Nah kalo belok kanan itu ke Pure. Disana banyak situs – situs yang disakralkan oleh umat Hindu seperti tempat sembahyang, candi, hingga simbol Hyang Widhi.

Sementara kalo kalian belok ke kiri, kalian bakal melewati area rerumputan yang indah buanget. Semakin keatas kalian akan menapaki tebing – tebing. Cukup tinggi lho guys jika kalian perhatikan laut yang ada dibawah. Kalo yang ini bener – bener natural guys. Sangat recommended banget buat foto – foto disini

Tari Kecak

unduhan
Tari Kecak

Atraksi yang tidak boleh dilewatkan jika sudah sampai di Pura Uluwatu adalah Tari Kecak khas Pulau Dewata. Biasanya pada sore hari di halaman Pura Uluwatu para penari Bali akan menarikan tarian khas ini. Pertunjukan tari ini akan ditampilkan selama 1 jam 30 menit.

Tari Kecack disinari oleh cahaya matahari terbenam begitu indah dilihat, kalian akan merasakan atmosfer liburan Bali yang sesungguhnya😀

Padang-padang Beach

padang-padang-beach
Padang – Padang Beach

Jika ingin berjalan-jalan di pantai yang ada di sekitar Uluwatu. Pantai Padang-padang bisa jadi pilihan kamu dalam melepas penat. Ombaknya yang tidak terlalu besar sering digunakan untuk beselancar oleh peselancar dunia. Padang-padang beach terletak sekitar 3 kilometer dari Pura Luhur Uluwatu. Pasir pantainya putih bersih dengan hawa pantai yang sangat sejuk, dijamin bikin kalian betah dan ingin balik lagi ke pantai ini ^^

Akomodasi

Soal akomodasi anak backpacker gak usah kahawatir, karena di Bali ini banyak pilihan akomodasi seperti hotel, homestay, flat, hostel atau kos-kosan. Berikut ini beberapa penginapan murah di sekitar Uluwatu.

  1. Pak Manuh Guest House. Harga: Rp 60.000 per malam.
  2. Chocky Place. Harga: Rp 90.000 per malam.
  3. Susie Warung. Harga: Rp 100.000 per malam.

Menuju Uluwatu

Uluwatu terletak sekitar 30 menit dari pusat kota Denpasar. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, anak backpacker bisa menyewa taksi agar lebih cepat dengan ongkos Rp 120.000 untuk sekali jalan.

Uluwatu menempati peringkat pertama sebagai destinasi wisata paling diminati di Bali. Sebanyak 18,6% responden memilih Uluwatu sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Sedangkan Kuta dan Ubud menempati peringkat kedua dan ketiga.

Jika tertarik berkunjung ke Uluwatu, Bali langsung saja hubungi kami ya ^^

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu, Pengalaman Liburan Yang Menakjubkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s