Ingin Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Indonesia? Yuk ke Bunaken!

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Pulau Bunaken

quotations

Bunaken merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 8,08 kilometer persegi yang terletak di Manado, Sulawesi, Indonesia. objek wisata ini menjadi salah satu Taman Laut Nasional pada tahun 1991 dikarenakan keindahan bawah lautnya yang harus terus dilestarikan.

Di sekitar Bunaken, terdapat sebuah taman nasional yakni Taman Nasional Bunaken yang memiliki taman laut dengan berenekaragam spesies bawah laut. Did you know guys, bahwa taman laut ini pernah diakui lho sebagai taman laut dengan jumlah spesies tertinggi di dunia. Secara keseluruhan taman laut Bunaken ini memiliki luas sekitar 72.265 hektar termasuk pulau-pulau yang ada di dalamnya yakni pulau Manado Tua, pulau Bunaken, pulau Siladen, pulau Mantehage, dan pulau Naen.

Menyelam di Pulau Bunaken

images

Salah satu kegiatan yang paling banyak diminati dan sangat pas dilakukan di pulau Bunaken adalah kegiatan menyelam sambil melihat biota-biota bawah laut yang cantik dan menarik perhatian. Terdapat 20 titik penyelaman yang ada di taman laut Bunaken. Dari keseluruhan 20 titik selam, 12 titik diantaranya terdapat di sekitar pulau Bunaken. Di ke-12 titik inilah yang sering dijadikan sebagai lokasi favorit untuk enyelam karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Jika anak backpacker menyelam di lautan Bunaken, kalian bisa melihat dinding yang biasa disebut dengan underwater great walls. Dindng raksasa ini berdiri secara vertikal dan menjulang tinggi ke atas. Underwater great walls ini merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan kecil yang ada di perairan Bunaken. Di perairan Bunaken terdapat sekitar 200 jenis spesies ikan dan biota bawah laut.

Lokasi-lokasi yang sering digunakan untuk kegiatan menyelam di Bunaken antara lain:

–        Tembok Lekuan (1, 2, 3)

–        Mandolin

–        Tanjung Kopi

–        Siladen

–        Muka Gereja

–        Puncak Barakuda

–        Reruntuhan Kapal Bekas Pedagang Jerman

Anak backpacker gak perlu repot deh bawa peralatan menyelam sendiri karena di sekitar pantai terdapat penyewaan alat menyelam dengan biaya Rp 100.000 per hari.

Buat anak backpacker yang gak suka menyelam tetapi masih pengen melihat keindahan bawah laut perairan Bunaken bisa melakukan snorkeling di sekitar pantai. Tetap asyik kok ^^

Penduduk Bunaken

Pulau Bunaken ini menjadi salah satu situs warisan dunia setelah didaftarkan ke UNESCO. Di sekita Bunaken terdapat sebanyak 22 desa dan memiliki jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa. Sebagian besar penduduk Bunaken bekerja sebagai petani dan nelayan, namun ada juga yang bekerja dalam bidang pariwisata pulau Bunaken. Bagian selatan pulau ini terdiri dari daerah pesisir yang diapit oleh dua desa yakni desa Poopoh dan desa Popareng. Pesisir ini biasa disebut Pesisir Arakan Wawontulap.

Akomodasi

Soal akomodasi nih guys, di sekitar pulau Bunaken terdapat banyak hotel, resort, atau cottage yang bisa dijadikan untuk tempat menginap. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000 per orang. Penginapan yang ada di pulau Bunaken antara lain: Froggies Divers, Cicak Senang Resort, Cakalang Bunaken, Bunaken Village Resort, Bunaken Kuskus Resort dan masih banyak lagi.

Menuju Pulau Bunaken

Untuk sampai ke pulau Bunaken ini, anak backpacker bisa menggunakan kapal feri atau kapal cepat dari Manado yang biasa berangkat pada pukul 14.00. harga sewa kapal berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Namun jika anak backpacker ingin lebih hemat bisa menumpang kapal tradisional penduduk dengan membayar sekitar Rp 50.000 hingga Rp 60.000 untuk sekali perjalanan.

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s