Nikmatnya Berwisata Ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Topik : Wisata Dalam Negeri
Subtopik : Wisata ke Pulau Tidung

Setuju donk anak backpacker kalau negeri kita tuh kaya banget akan potensi pariwisatanya? Contohnya adalah salah satu icon wisata Indonesia yang satu ini, khususnya Jakarta. Yakni sebuah pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Tidung.

Sekilas Tentang Pulau Tidung

p-tidung-19
Pulau Tidung

 

Pasti udah gak asing donk anak backpacker sekalian mendengar nama pulau yang satu ini? Pulau Tidung merupakan pulau terbesar di gugusan kepulauan Seribu. Pulau ini, dibandingkan dengan pulau lainnya di gugusan kepulauan Seribu, tercatat sebagai pulau yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, bahkan wisatawan asing. Letaknya pun cukup dekat jika dijangkau dari Jakarta, dimana untuk mencapai ke pulau ini, gak terlalu jauh dan gak perlu repot kok dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Adapun start point yang bisa kalian ambil adalah di Pelabuhan Angke, atau Marina Ancol.

Balik lagi soal Pulau Tidung nih anak backpacker sekalian. Di pulau ini terdapat spot – spot alami nan memanjakan mata lho. Misalnya saja ketika kalian tiba di dermaga, pemandangan yang akan menemani hari – hari kalian adalah deburan ombak, batu karang, hutan mangrove, dan pasir pantai. Sebut saja dua spot ini, Kebun Wa’ Wahid dan Tanjongan yang terletak di sebelah barat pulau Tidung, atau anak dari pulau Tidung (pulau Tidung Kecil). Spot ini sangt baddass lho anak backpacker sekalian. Disini kalian bisa menikmati panorama pulau yang tiada tara banget. Pemandangan lautnya begitu bening, serta hutan mangrove yang alami. Dari dermaga / tempat penginapan, kalian bisa menjangkaunya dengan menggunakan sepeda ontel. Wahh tentu saja makin berasa donk nuansa alaminya. Oh ya anak backpacker sekalian, spot ini sangat rekomended lho untuk diabadikan (alias foto – foto)

Jembatan Cinta – Icon Pulau Tidung

Jembatan-Cinta-Tidung-Island1
Jembatan Cinta – Pulau Tidung

Sebelum kalian mencapai Pulau Tidung Kecil, kalian bakal melewati Jembatan Cinta. Jembatan ini memang sengaja dibangun untuk menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Spot ini menjadi spot yang paling dinantikan para backpacker / wisatawan yang ingin meninggalkan cerita di Pulau Tidung.

Oh ya untuk penamaannya sendiri, tidak ada informasi yang presisi mengenai nama Jembatan Cinta itu sendiri. Yang paling memungkinkan adalah karena bentuknya yang dari kejauhan terlihat seperti lengkungan hati. Selain itu ada pula yang beranggapan bahwa atmosfer romansa yang akan didapatkan ketika berdiri di jembatan ini, apalagi sama kekasih (ehm..). Wajar saja anak backpacker, gimana gak romantis, wong kesan naturalnya berasa banget. Dijamin buat pasangan2 yang melewati jembatan ini, akan semakin tumbuh perasaan cinta satu sama lainnya. Apalagi kalo foto berduaan.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Kalian Lakukan

unduhan
Snorkelling di Pulau Tidung

Buat yang hobi fotografi, trip ke pulau Tidung sangat dianjurkan banget. Secara banyak lho objek – objek yang bisa kalian eksplore. Kaya Jembatan Cinta, hutan mangrovenya, lautnya, hingga panorama langit di siang hari yang begitu cerah.

Buat yang hobi nyelem (snorkelling / diving), trip ke pulau tidung juga bisa jadi pilihan wahid. Soalnya disana tersedia lho paket untuk snorkelling dan diving. Ditambah lagi kalian juga bisa menikmati keindahan bawah laut pulau ini.

Selain dua aktivitas tadi, beberapa di bawah ini juga asyik untuk di lakukan di pulau Tidung:

–        Barbeque-an (malem – malem sambil liat bintang dan merasakan suara gemericik air laut)

–        Main banana Boat

–        Bersepeda keliling pulau

–        Dan masih banyak lagi

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


2 thoughts on “Nikmatnya Berwisata Ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

  1. gan untuk menuju ke sana dari bogor gimana yah cara yg mudah dsn paling murahnya makasih hehe maaf saya pemula dalam hal backpackeran😀

    1. Hay fariz..
      dari bogor kamu naik bis apa aja yang lewat UKI, nanti bisa sambung dengan bis reguler / busway jurusan pluit. Pluit kamu bisa jalan sedikit / naik angkot ke pelabuhan kamal. Dari kamal kamu bisa naik kapal yang ke arah tidung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s