Menyusuri Sejarah Tembok Raksasa China (The Great Wall of China)

Topik: Wisata Luar Negeri

Subtopik: Wisata ke Tembok Raksasa China

5456798_20130509073157
Tembok Raksasa China

Hai guys.. Pasti pada tau dong salah satu objek wisata terkenal di China? Objek wisata tersebut adalah Tembok Raksasa China. Nah kali ini kami bakal ngebahas salah satu jembatan yang masuk dalam keajaiban dunia ini. Apa aja ya yang menarik dari Tembok Raksasa China ini?

Sejarah Pembangunan Tembok Raksasa China

images
Masa Pembangunan Tembok Raksasa China

Tembok Raksasa China memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer dan mempunyai ketinggian setinggi 8 meter. Untuk membangun tembok yang sangat panjang ini membutuhkan waku ratusan tahun hingga 5 dinasti dan membutuhkan ribuan pekerja untuk membuatnya. Tembok Raksasa China merupakan satu-satunya bangunan yang bisa dilihat dari luar angkasa dengan mata telanjang.

Pada masa kerajaan China, Tembok Raksasa ini digunakan dengan tujuan sebagai benteng pertahanan untuk menghalau serangan musuh, batas kepemilikan lahan, dan jalur komunikasi untuk menyampaikan psan masuk dan keluar. Menurut beberapa sumber pembangunan tembok ini dilakukan oleh Dinasti Qin, Dinasti Han, dan Dinasti Ming. Tembok besar yang kini bisa kita nikmati sebagai objek wisata merupakan hasil dari Dinasti Ming.

Dinasti Qin

Di bawah perintah kaisar Qin Shi Huang pada tahun 220 SM, sang jenderal bernama Meng Tian mengumpulkan sekitar 300 ribu orang untuk membangun Tembok Raksasa China. Membutuhkan waktu sekitar sembilan tahun untuk menyambungkan beberapa tembok yang sudah dibangun sebelumnya menjadi sebuah benteng yang panjang. Pembangunan ini menghabiskan banyak dana dan juga mengorabankan banyak korban akibat pembangunan tembok yang tak kenal henti.

Dinasti Han

Kemudian pada zaman pemerintahan kaisar Han Wudi, pembangunan tembok mulai dilanjutkan kembali, renovasi di berbagai sisi dilakukan dan menghabiskan waktu selama 20 tahun. selama 20 tahun tersebut, tembok raksasa sudah mengalami kemajuan yakni mencapai panjang total 1.000 kilometer. Tembok Raksasa memiliki fungsi sebagai pelindung kawasan barat Bangsa Hun yang mengancam rakyat Cina saat itu.

Dinasti Ming

Kemudian pada masa Dinasti Ming berhasil menaklukan bangsa Mongol. Proses perekonstruksian Tembok Raksasa Cina pun dilakukan kembali. Tembok Raksasa China kini dibagi dalam sembilan distrik yang terdiri dari benteng pertahanan dan pintu gerbang untuk mengawasi daerah perbatasan.

Menara Suar

Tembok Raksasa China memiiliki menara suar atau fenghuotai yang dahulu digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan pesan militer dengan membuat asap pada siang hari dan membuat api ketika malam hari tiba. Penyampain pesan ini dilakukan untuk memberitahukan adanya gerak-gerik musuh yang mencurigakan. Menara suar merupakan salah satu bagian tembok yang terpenting.

Pintu Gerbang

Terdapat beberapa pintu gerbang yang bisa dilihat ketika mengunjungi objek wisata yang satu ini. pintu gerbang yang ada di Tembok Raksasa China ini antara lain:

–        Chengqiang (Tembok Pertahanan)

–        Chenglou (Menara Gerbang)

–        Wangcheng

–        Luocheng

Material

Material pada Tembok Raksasa China berbeda-beda untuk setiap periode dinasti yang membuatnya. Sebelum batu bata ditemukan para pekerja paksa menggunakan berbagai material seadanya seperti tanah, batu dan kayu. Di zaman Dinasti Qin bahan material yang digunakan umumnya tanah bercampur kerikil. Kemudian pada Dinasti Han pun masih menggunakan tanah dan batu sebagai bahan utamanya. Barulah pada zaman Dinasti Ming, berbagai bahan yang berbeda digunakan untuk membuat Tembok Raksasa China. Para pekerja di zaman Dinasti Ming ini sudah mulai menggunakan batu bata sebagai bahan materialnya. Kemudian sebagai perekat batu bata, digunakanlah campuran beras ketan dan batu kapur.

Kalo mau tau info lebih lanjut, tonton video ini guys

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s