Melihat Gunung Api Raksasa di Dataran Tinggi Dieng

Topik: Wisata Dalam Negeri

Subtopik: Wisata ke Dataran Tinggi Dieng

100_1052
Dataran Tinggi Dieng

Hai anak backpacker pasti pada tau dong dataran tinggi Dieng yang terkenal itu?? Yup kali ini kami akan membahas tempat wisata yang keren itu guys! Seperti apa ya infonya? Yuk langsung aja disimak ^^

Dieng berasal dari dua kata yang diambil dari bahasa Kawi, “di” memiliki arti “tempat” dan “hyang” memiliki arti “dewa”. Dieng berarti memiliki arti pengunungan tempat para dewa bersemayam. Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik atau gunung api raksasa yang terletak di anatara kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Daerah wisata ini terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Ketinggian rata-rata dari Dataran Tinggi Dieng ini sekitar 2.000 mdpl. Di pagi hari suhu Dieng bisa mencapai 0 °C sehingga bisa memunculkan embun beku yang biasa disebut dengan bun upas oleh warga sekitar.

Dataran Tinggi Dieng tercatat masih memiliki kawah-kawah yang aktif lho guys.. Apa aja ya kawah-kawah yang masih aktif di Dieng?

Kawah Sikidang

sikidang
Kawah Sikidang

Kawah Sikidang ini merupakan kawah yang paling mudah dijangkau oleh para pengunjung. Kawah ini juga menjadi favorit para wisatawan karena menyajikan pemandangan semburan gas yang keluar dari lubang yang berbeda-beda. Keunikan gas yang keluar dari lubang-lubang yang berbeda inilah yang menjadi dasar dari penamaan Sikidang.

Kawah Sibanteng

sibanteng
Kawah Sibanteng

Kawah yang pernah meletus pada bulan Juli 2003 ini terletak di desa Dieng Kulon. Kawah ini pernah ditutup selama beberapa hari untuk umum karena letusannya yang sangat berbahaya. Pada 2009 pun Kawah Sibanteng ini kembali meletus sehingga menyebabkan longsor di daerah sekitarnya.

Selain tiga kawah di atas, kawah-kawah lainnnya yang terdapat di Dieng ini adalah Kawah Sinila, Kawah Sileri dan Kawah Timbang.

Telaga Warna

Taylors_College_Auckland_campus-1
Telaga Warna

Telaga Warna merupakan danau vulkanik yang terkenal di Dieng. Telaga warna ini sangat unik karena dapat memunculkan warna merah, hijau, biru, putih dan warna lembayung pada permukaannya.

Selain Telaga Warna, telaga-telaga lainnya yang menjadi objek wisata di Dieng antara lain Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Telaga Dringo, Telaga Nila dan Telaga Merdada.

Candi Dieng

unduhan
Candi Dieng

Tak hanya pemandangan kawah saja yang bisa ditemui di Dieng ini, objek wisata seperti candi Dieg pun bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Candi Dieng merupakan candi tertua yang ada di Dieng. Candi ini dibuat sekitar abad ke-8 dari Dinasti Sanjaya. Komplek candi Dieng ini memiliki 21 bangunan yang dibagi menjadi lima kelompok, yakni Kelompok Candi Arjuna, Kelompok Candi Gatot Kaca, Kelompok Candi Bhima. Kelompok Chandi Dwarawati, dan Kelompok Candi Magersari.

Akomodasi

Anak backpacker yang berencana menginap di kawasan Dieng ini terdapat berbagai homestay dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, kamar, dapur, ruang tamu, garasi, ruang makan, TV dengan harga mulai dari Rp 150.000 per malam.

Menuju Dieng

day3-05-welcome-to-dieng1
Jalan Menuju DIeng

Banyak alternatif pilihan jalan untuk bisa menuju Dieng. Anak backpacker yang datang dari Jakarta bisa menaiki bus dengan jurusan Jakarta-Wonosob yang dapat dengan mudah ditemui di tiap terminal. Anak backpacker akan menempuh jarak sekitar 520 kilometer. Rute perjalanannya adalah Jakarta-Purwokerto-Wonosobo-Dieng

Dari Yogyakarta pun bisa naik bus melalui terminal Magelang, jalur ini merupakan jalur termudah untuk sampai ke Dieng. Rute dari Yogya ke Dieng adalah Yogyakarta-Sleman-Tempel – Muntilan-Magelang- Secang- temanggung-Parakan-Kertek- Wonosobo- Dieng.

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Melihat Gunung Api Raksasa di Dataran Tinggi Dieng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s