Wisata Batik Di Pekalongan

Hai anak backpacker dimanapun kalian berada semoga pada sehat selalu yah😀

Anak backpacker tentu tahu dong tentang batik yang merupakan kain khas negeri kita Indonesia? Kini kain yang mulai digemari oleh anak muda ini sudah mulai dikenal di mata dunia lho guys! Nah, buat anak backpacker yang suka dengan batik dan pengen mengetahui seluk beluk tentang batik, kamu bisa mengunjungi wisata batik yang ada di Pekalongan. Pekalongan terkenal dengan batiknya yang memiliki pola khas dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Wisata wisata apa aja sih yang ada di Pekalongan yang berkaitan tentang batik ini?

Museum Batik Pekalongan

musium1
Museum Batik Pekalongan

Tempat pertama yang bisa anak backpacker kunjungi jika ingin mengetahuo tentang batik Pekalongan ialah Museum Batik. Museum Batik ini terletak di Jalan Jetayu No. 1, Pekalongan. Koleksi batik yang ada di museum ii tercatat lebih dari 1.000 batik yanh berasal dari seluruh nusantara. Dalam museum ini anak backpacker akan melihat berbagai macam jenis koleksi batik di Indonesia dari masa ke masa. Koleksi batik dari mulai zaman penjajahan Belanda, kemudian penjajahan Jepang yang terkenal dengan batik motif Jawa Hokokai, lalu batik Sumatera yang memiliki motif seperti tulisan kaligrafi Arab. Batik Pekalongan dipengaruhi oleh berbagai unsur antara lain unsur jawa, arab, dan Cina

Yang lebih menariknya lagi nih guys, di museum ini kamu bisa melihat batik langka yang usianya hampir 100 tahun! Wow, keren banget ya😀

Gedung museum ini dulunya merupakan kantor keuangan dan juga tempat penyimpanan gula pada zaman penjajahan Belanda. Organisasi VOC mendirikan gedung ini padat tahun 1906. Bangunan yang memiliki luas 3.675 meter persegi itu kemudian diubah menjadi gedung Balai Kota Pekalongan. Karena dirasa gedung tersebut cukup tua dan merupakan bangunan kuno, lalu gedung peninggalan VOC itu pun dirombak menjadi sebuah museum batik yang diresmikan sejak tahun 2006.Museum batik ini berhasil mendapatkan dua penghargaan dari UNESCO lho guys!

Belajar Membuat Batik

qew
Membuat Batik

 

Selain melihat koleksi batik yang indah dan menarik di dalam museum, anak backpacker juga bisa belajar membatik lho.. Museum batik ini menyediakan ruangan khusus untuk pengunjung yang ingin belajar membatik. Para instruktur muda akan siap mengajarkan cara membatik kepada anak backpacker yang ingin belajar. Belajar membatik tidaklah terlalu mudah dan juga tidak terlalu sulit, ada 12 tahap yang harus dilewati agar batik bisa terbuat secara sempurna. Hasil batik yang telah kalian bikin nantinya bisa dibawa pulang atau dijual. Seru kan!

Selain aneka batik dari seluruh nusantara, di dalam museum juga terdapat kebaya encim. Kebaya encim adalah kebaya yang biasa digunakan wanita tionghoa yang menetap di Indonesia. kebaya encim ini pun termasuk benda menarik yang terdapat di dalam museum batik ini.

Masuk ke dalam museum batik ini, anak backpacker hars membayar karcis masuk. Harganya murah kok cuma Rp 5.000 saja anak backpacker sudah bisa melihat berbagai koleksi langka kain batik khas negeri kita.

Tempat seru lainnya untuk mempelajari tentang batik di Pekalongan antara lain:

–          Kampung Wisata Batik Kauman

–          Kampung Wisata Batik Pesindon

Akomodasi yang terdapat di sekitar pekalongan ada hotel, kos-kosan, dan penginapan. Hotel-hotel berbintang yang ada di Pekalongan antara lain, Hotel Horison dan Hotel Nirwana.

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Wisata Batik Di Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s