Menyibak Eksotisnya Ranu Kumbolo Yang Tiada Tara

Hai anak bacpacker..

8014874471_9102163391
Ranu Kumbolo – Semeru

Jika sebelumnya kita sudah membahas serunya mendaki di Gunung Semeru, kali ini kita bakal ngebahas salah satu danau tercantik yang ada di jalur pendakian Gunung Semeru. Yup, danau tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Ranu Kumbolo. Seperti apa kecantikan Ranu Kumbolo ini? Yuk langsung aja simak informasi yang satu ini J

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di jalur pendakian Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Luas danau Ranu Kumbolo ini sekitar 8 hektar dan terletak di ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut. Ranu Kumbolo ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Ranu Kumbolo ini guys biasa digunakan para pendaki untuk beristirahat setelah lelah menadaki dari Ranu Pane. Hawa di sekitar danau ini begitu sejuk dan dingin sehingga cocok untuk dijadikan tempat beristirahat. Daerah danau dikelilingipohon dan perbukitan kecil. Air Ranu Kumbolo ini guys sangat jernih sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan minum sehari-hari. Buat yang suka berenang bisa juga lho berenang di Ranu Kumbolo😀

Yang membuat air danau Ranu Kumbolo ini bersih dan jerni ialah karena pengelola setempat membuat aturan ketat bagi siapapun yang mengunjungi Ranu Kumbolo. Para pegunjung tidak boleh mencuci, mengotori, dan mencemari air danau. Maka dari itu pendaki yang beristirahat di sekitar Ranu Kumbolo harus membawa kembali sisa sampah yang telah mereka gunakan termasuk selama pendakian, akan ada sanksi tegas jika tidak mematuhinya.

Semakin malam jumlah pendaki yang menginap di Ranu Kumbolo akan semakin banyak. Jangan heran tempat ini akan dipenuhi banyak tenda berkemah jika malam hari. Sebagian besar berkemah dekat pondok kayu yang didirikan oleh pengelola TNBTS. Namun, pada pagi hari kawasan Ranu Kumbolo ini mulai sepi karena pendaki sudah mulai melanjutkan pendakian mereka menuju Puncak Gunung Semeru.

Menikmati Matahari Terbit

7580640132_0f31e957e7
Matahari Terbit di Ranu Kumbolo

 

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu jika datang ke Ranu Kumbolo adalah momen matahari terbitnya. Konon pemandangan matahari terbit di sekitar danau ini sangatlah indah. Pendaki tak segan-segan untuk bangun pagi-pagi sekali agar tidak ketinggalan momen matahari terbit dari balik perbukitan. Anak backpacker yang datang ke Ranu Kumbolo disarankan membawa kamera guys.. Karena momen ini akan bagus banget buat diabadikan dalam foto. Tak jarang para pendaki yang mengeluarkan kamera mereka untuk bisa mengabadikan momen-momen matahari terbit disini.

Lokasi Ranu Kumbolo berada di jarak 10.5 kilometer dari pintu masuk utama Gunung Semeru yang terletak di desa Ranu Pane. Jika lancar perjalanan dari Ranu Pane ke Ranu Kumbolo akan menghabiskan waktu 3-5 jam berjalan kaki melalui jalan setapak. Dari Ranu Kumbolo biasanya pendaki akan melanjutkan pendakian menuju Kalimati yang berjarak 7.5 meter. Seterusnya dari Kalimati sampai ke Puncak Mahameru kurang lebih berjarak 1 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Untuk menuju puncak para pendaki harus rela berjuang melalui jalur yang menanjak dan berbatu. Kadang sering terjadi angin dan hujan besar yang melanda selama pendakian berlangsung.

Jalur pendakian yang harus ditempuh pendaki untuk sampai ke puncak Mahameru kurang lebih seperti ini:

Ranu Pane – Ranu Kumbolo – Oro-oro Ombo – Cemoro Kandang – Kalimati – Puncak Mahameru

Gimana guys tertarik untuk berkunjung ke Ranu Kumbolo?

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s