Menikmati Kecantikan Pesona Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan

Apa yang anak backpacker pikirkan saat mendengar kata Kakek Bodo? Pasti yang terlintas anak backpacker ialah seorang kakek yang sangt bodoh, tapi jangan salah lho.. Di Pasuruan, Jawa Timur terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Kakek Bodo. Penasaran seperti apa air terjun tersebut? Yuk langsung simak aja informasi yang satu ini J

Air terjun terletak di hutan lindung RPH Prigen, Lawang Barat, Pasuruan. Objek wisata air terjun ini terletak di kawasan Wisata Tretes pada ketinggian sekitar 500 mdpl. Air terjun kakek bodo ini memiliki tinggi sekitar 40 meter.

Sejarah Air Terjun Kakek Bodo

Foto0900
Sejarah Kakek Bodo

 

Konon katanya pada zaman dahulu nih guys, saat Belanda menjajah Indonesia kawasan Tretes yang merupakan tempat beradanya air terjun ini hidup seorang pegawai Belanda di sebuah villa/loji. Dulu kawasan Tretes terkenal sebagai pemukiman villa/loji. Pegawai Belanda yang tinggal di villa tersebut memiliki seorang pembantu yang merupakan seorang laki-laki tua yang soleh dan santun. Namun pada akhirnya sang kakek tua memilih untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai pembantu dan memutuskan untuk bertapa di kawasan hutan. Sang majikan orang Belanda tersebut kemudian marah dan memanggil kakek tua tersebut dengan panggilan “Kakek Bodoh”, hingga kini panggilan sang majikan terhadap kakek tua itu masih melekat dan dinamakan sebagai nama air terjun di Pasuruan.

Ngintip Eloknya Air Terjun Kakek Bodo

kakekbodo
Air Terjun Kakek Bodo

 

Buat anak backpacker yang ingin melihat keindahan air terjun kakek bodo, kalian harus berjalan sejauh 800 meter di kawasan hutan melalui jalan setapak. Anak backpacker harus menempuh perjalanan yang berliku dan menanjak untuk bisa sampai ke daerah air terjun.

Suasana hutan yang sejuk dan sunyi sepi jauh dari keramaian akan membuat anak backpacker merasa sangat nyaman, cocok untuk menghilangkan kepenatan. Banyak terdapat pohon pinus yang tersebar di dalam kawasan hutan. Selama perjalanan menuju air terjun Kakek Bodo, anak backpacker akan melewati sejumlah sungai-sungai kecil dengan air yang jernih dan sejuk.

Setelah perjalanan panjang, usaha anak backpacker akan terbayarkan dengan keindahan yang terpancarkan dari air terjun yang tersembunyi ini. aliran airnya cukup deras namun pada bagian hulu anak backpacker bisa bermain air sepuasnya. Airnya begitu dingin dan bening. Kawasan air terjun ini menjadi favorit para pengunjung, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa begitu menikmati kejernihan yang diawarkan air terjun Kakek Bodo ini.

Buat anak backpacker yang suka berkemah, tak jauh dari lokasi air terjun ada sebuah perkemahan yang sengaja dibuat untuk pengunjung. Nama perkemahan tersebut ialah Bumi Perkemahan Kakek Bodo. Perkemahan ini sangat cocok buat anak backpacker yang ingin lebih dekat dengan alam.

Selain perkemahan, jika anak backpacker masih kuat berjalan-jalan dan melalui jalan menanjak. Anak backpacker bisa menemuka air terjun Alap-alap yang letaknya agak jauh dari air terjun Kakek Bodo.

Btw, untuk urusan akomodasi anak backpacker bisa menyewa penginapan atau villa yang terletak di bagian bawah air terjun.

Buat yang mau liat cuplikan penampakannya, klik gambar video di bawah ini guys!

Akses

Anak backpacker yang ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini sangatlah mudah. Anak backpacker bisa menaiki bus dari Surabaya atau Malang dengan ongkos Rp 5000. Kemudian anak backpacker menyambung angkutan umum jurusan Tretes dan turun di pertigaan Kedung Biru Tretes, menyeberang sebentar kemudian Wana Wisata Kakek Bodo akan terlihat tidak jauh di depan.

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s