Wisata Margasatwa Di Sungai Barito – The Hidden Aesthetic of Indonesia

pulau-kaget-1300671960
Sungai Barito

Mendengar sungai Barito, kira – kira apa yang yang terlintas di benak anak backpacker sekalian? Pastinya pulau Kalimantan donk ya. Nah ngomongin soal sungai Barito nih guys, tahukah kalian bahwa di tengah – tengah aliran sungai tersebut ada dua buah pulau yang cukup menjanjikan untuk dikunjungi. Kedua pulau tersebut bernama Pulau Kembang dan Pulau Kaget. Kedua pulau ini terletak di wilayah administratif kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Sekilas tentang sungai Barito nih anak backpacker sekalian, sungai ini termasuk kedalam sungai terbesar dan terpanjang di Indonesia. Untuk panjangnya, sungai Barito membentang dari hulu pegunungan Muller sampai ke laut Jawa sepanjang 909 km, sementara lebarnya itu berkisar antara 600 – 1000 meter.

Balik lagi ke kedua pulau tersebut. Pastinya anak backpacker penasaran kan, ada hal menarik apa sih yang bakalan anak backpacker temukan di kedua pulau tersebut. Ini dia infonya

Pulau Kembang

Pulau-Kembang-welcome-608x404
Pulau Kembang

Pulau Kembang, atau yang juga dikenal sebagai delta dari sungai Barito merupakan sebuah dataran terpisah dari pulau Kalimantan, dimana letaknya berada di tengah – tengah dari sungai Barito. Konon kabarnya, dulunya pulau ini tidak sebesar saat ini, dimana saat itu terlihat berupa tumpukan tanah biasa. Namun, lambat laun pulau tersebut berkembang dan banyak ditumbuhi pepohonan. Thats why, pulau ini dinamakan dengan Pulau Kembang.

Pulau yang termasuk kedalam Kabupaten Barito ini jarang sekali ditemukan manusia lho guys (kecuali kuncennya), adapun yang akan kalian temukan antara lain berbagai jenis kera, seperti Bekantan, Lutung, Ekor Panjang serta beberapa spesies burung. Di dalam pulau ini terdapat juga tempat yang sangat disakralkan oleh masyarakat setempat, yakni sebuah tempat pemujaan yang disertai ornamen berbentuk  monyet putih / Hanoman. Biasanya masyarakat setempat datang ke Pulau ini untuk berziarah.

Pulau Kaget

pulau kaget
Pulau Kaget

Masih seperti pulau Kembang, Pulau Kaget merupakan pulau berbentuk delta yang berada di tengah sungai Barito. Jaraknya gak jauh lho dari Pulau Kembang. Jika anak backpacker ngetrip ke pulau Kembang, sangat sayang banget kalo gak dilanjutkan ke Pulau Kaget. Hal ini karena Pulau Kaget gak kalah cantiknya dengan Pulau Kembang, dimana pemandangan lebih di dominasi oleh hutan berisikan pepohonan serta semak belukar

Flora di pulau ini bisa dibilang asri lho guys. Adapun komposisi flora di Pulau ini antara lain Rambai (Sonneratia caseolaris), Nipah (Nypa fructicans), Bakung (Crinum asiaticum), dan Jeruju (Acanthus ilicifolius). Selain flora, faunanya juga ada lho. Sama seperti Pulau Kembang, di Pulau Kaget juga didominasi oleh kawanan Kera. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat menetapkan kawasan ini sebagai kawasan Cagar Alam yang dilindungi.

Oh ya anak backpacker sekalian, tahu gak kenapa dinamakan Pulau Kaget? Konon kabarnya saat perahu baru menepi di pulau tersebut, kawanan Kera langsung menyambut kedatangannya. Bahkan mereka sampai melompat ke arah perahu saking agresifnya.

How to get there

images
Kawanan Kera – Penghuni Pulau Kaget dan Pulau Kembang

Untuk mencapai kedua pulau ini mudah banget lho guys. Kalian cukup mengambil start point dari pasar terapung. Biasanya kalian bakal ditawari perjalanan ke kedua pulau teresebut oleh pemilik jukung (sebuah kendaraan air berbentuk mirip perahu yang digunakan untuk melintasi sungai Barito). Biasanya para penumpang akan dikenakan tarif sebesar Rp 30.000 – Rp 50.000 / orang.  Yang penting sih pinter – pinter nego aja😀

Sekedar tips nih anak backpacker sekalian, kalo bisa jangan terlalu bawa banyak makanan, salah – salah nanti dirampok oleh kawanan kera lagi hehe. Dikarenakan monyet – monyet tersebut lumayan agresif, jadi sedikit lebih waspada ya kalian. Terutama dalam hal menjaga barang – barang bawaan seperti Kamera, Arloji, Handphone, dan Dompet

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s