Asyiknya Mendaki Gunung – Arjuno Via Lawang

gunung_arjuno1
Gunung Arjuno

Anak backpacker doyan hiking? Coba deh jelajahi opsi pendakian yang satu ini, mendaki gunung Arjuno yang terkesan elegan dan asri.  Terletak di kabupaten Malang, gunung ini tercatat sebagai gunung bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 dpl. Jika dilihat dari kota Malang atau Surabaya, anak backpacker bakal melihat gunung tidak berdiri sendirian, alias ada beberapa gunung di dekatnya. Adapun gunung – gunung tersebut ialah gunung Welirang, Gunung Kembar I, Gunung Kembar II, Gunung Ringgit, dan Gunung Penanggungan.

Ngomomg – ngomong ada satu rute pendakian gunung Arjuno yang pastinya asyik banget buat anak backpacker coba. Rute tersebut bernama ‘Jalur Lawang’. Start point awal dimulai dari desa Wonorejo. Disini anak backpacker bakal nemuin pemandangan yang sangat menyejukkan mata, dimana hamparan kebun teh yang begitu luas menyambut kedatangan kalian.

Sebelum pendakian resmi dimulai, kalian mula – mula melakukan registrasi dulu kepada petugas PHPA guna mendapatkan izin pendakian. Dan tentu saja hanya di post ini lho sumber air di jalur ini. Oleh karena itu, persiapkan dengan maksimal, jangan sampe dehidrasi selama perjalanan yah. Namun, jika musim penghujan tiba, hal tersebut bisa jadi gak berlaku. Secara, anak backpacker mungkin saja menemukan air langsung dari langit di tengah – tengah perjalanan.

Pos I – Desa Wonorejo

1358119416_472606361_1-dijual-tanah-murah-di-wonorejo-pasuruan-wonorejo
Desa Wonorejo

Begitu udah take off dari desa Wonorejo, medan yang kalian temukan masih agak landai secara masih area peralihan dari kebun teh ke hutan hujan tropis. Untuk tingkat kemiringannya itu sekitar 20 – 30 derajat. Di area ini pemandangan akan didominasi oleh semak – semak belukar. Sesekali kalian akan berhadapan dengan akar pohon  Pinus yang kadang menguji ketangkasan kalian. Dibutuhkan sekitar 1 jam – 90 menit perjalanan untuk melewati medan tersebut, untuk kemudian disambut oleh kawasan padang rumput (savana)

Pos II – Padang Rumput Oro – Oro Ombo

GUNUNG ARJUNO (3)
Padang Rumput Oro – Oro Ombo

Di kawasan tersebut, nuansanya lebih asyik lagi. Kenapa? Secara yang akan menemani perjalanan kalian adalah padang rumput luas, atau oleh masyarakat sekitar dikenal sebagai Oro – Oro Ombo. Disini pohonnya gak terlalu lebat guys, cuma kadang sangat suhunya bisa jadi sangat panas saat memasuki musim kemarau. Walaupun demikin spot ini ideal banget buat kalian ngecamp jika perjalanan kalian sudah memasuki waktu gelap.

Pos III – Pondok Alang – Alang

Arjuno
Pondok Alang – Alang

Setelah dari padang rumput Oro – Oro Ombo lama pendakian masih ada sekitar 5 – 7 jam lagi. Di rentang waktu tersebut, kalian bakal mampir di Pondok Alang – Alang. Biasanya para pendaki menyempatkan untuk rebahan singkat disini buat melepaskan lelah. Dari post ini, kalian akan menghabiskan sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai hutan Lali Jiwo

Pos IV – Hutan Lali Jiwo

masuk-lalijiwo
Hutan Lali Jiwo

Di kawasan ini tanjakan udah mulai ekstrim lho anak backpacker sekalian. Tapi tenang aja, pemandangan yang kalian dapatkan sebanding dengan pengorbanan kalian. Secara dari sini kalian bisa melihat hamparan rumput berbalut hutan hujan tropis yang sangat menawan. Sekitar berjalan kurang lebih 90 menit kalian bakal nyampe di kawasan batuan cadas. Disini lumayan dibutuhkan konsentrasi ekstra agar langkah kalian ajek dan tidak mudah tergelincir. Ngomong – ngomong, medan disini cukup terjal lho, karena setiap langkah kaki kalian berhadapan langsung dengan jurang.

Puncak Arjuno

images
Puncak Arjuno

Barulah sekitar 2 jam bergelut dengan batuan cadas, maka langkah kaki kalian akan menemui akhir perjalanan, yakni Puncak Arjuno. Sedikit info nih anak backpacker, puncak Arjuno ini terdiri dari batuan cadas lho. Oleh karena itu para backpacker menyebutnya sebagai puncak ogal agil. Eits tentu saja kalian gak boleh lupa untuk abadikan momen terbaik tersebut. Ngomong – ngomong, jika kalian menoleh ke arah timur kalian akan melihat puncak gunung Semeru. Sementara di arah selatan kalian bakal ngeliat gunung Anjasmara dan Gunung Kawi. Adapun gunung Welirang bisa kalian lihat di sebelah barat dan gunung Penanggungan di Sebelah Utara.

How to get there

Ngomongin soal akses ke jalur Lawang, mudah banget kok guys. Kalian yang memulai dari Surabaya, dianjurkan naik bus ke arah Malang dan turun di Lawang. Sementar kalo kalian dari arah Malang, dari terminal Arjosari kalian naik angkot / minibus ke arah Lawang. Dari situ lanjut lagi pake mobil colt / elf / ojek yang bisa kalian carter untuk menuju desa Wonorejo

FirstEXP Tour
Twitter : @anakbackpacker
FB : Firstexp Tour
Email : anakbackpacker@gmail.com


One thought on “Asyiknya Mendaki Gunung – Arjuno Via Lawang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s