Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

gunung-pangrango3
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Anak backpacker suka hiking, camping, outbond? atau suka berpetualang di bawah pepohonan dan melihat beraneka macam tumbuhan, hewan dan air terjun? Anak backpacker harus mencoba nih berkunjung ke tempat yang satu ini yakni Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

TNGGP ini terletak di kawasan Cianjur tepatnya di Jalan Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur memiliki luas sekitar 15.196 hektar. Wilayah seluas itu mencakup berbagai tempat antara lain: Cagar Alam Gunung Gede-Pangrango, wilayah rekreasi wisata Situgunung, hutan di lereng Gunung Gede seluas 2.958 meter, Gunung Pangrango 3.019 meter, Cimungkat dan Cibodas.

Koleksi flora dan fauna yang ada di TNGGP banyak banget lho guys, tercatat ada lebih dari 200 spesies burung termasuk elang jawa yang tinggal di Taman Nasional yang satu ini.

Perlu kalian tahun guys, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini sudah ada sejak tahun 1830 lho.. Kemudian pada tahun 1977 UNESCO menetapkan TNGGP sebagai cagar alam Biosphere yang harus dilestarikan. Nah berikut objek – objek menarik yang ada di sekitar TNGGP

Air Terjun Cibeureum

air_terjun_cibeureum2
Air Terjun Cibeureum

Buat kalian yang suka mendaki-daki gunung dan seneng main air, di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini juga terdapat air terjunnya lho.. Warga sekitar khususnya orang Sunda biasa menyebutnya dengan Curug. Di TNGGP sendiri air terjun yang terkenal ialah air terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum. Curug Cibeureum memiliki ketinggian 50 meter di atas permukaan tanah, untuk mencapai air terjun yang satu ini kalian harus berjalan sejauh 2,8 kilometer dari Cibodas. Tenang saja, setelah berjalan jauh kalian akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Selain air terjun terdapat juga Danau Biru yang terletak di ketinggian 1.575 meter dan memiliki jarak sekitar 1,5 kilometer dari pintu masuk utama  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Bunga Edelweiss

65748969
Bunga Edelweiss

Bunga cantik dan langka Edelweiss juga ada lho di TNGGP, tepatnya di alun – alun Surya Kencana dan Lembah Mandalawangi. Bunga putih yang warna dan wanginya tetap awet tersebut bisa anak backpacker temukan di sebelah utara Gunung Gede dan di sebelah selatan Gunung Pangrango. Buat ngeliat indahnya bunga tersebut anak backpacker kira-kira kalian harus berjalan mendaki ke atas gunung tersebut sekitar enam sampai sepuluh jam dari Cibodas. Tapi sebelumnya kalian bakal ngelewatin beberapa tempat menarik juga seperti, telaga biru, air terjun hangat, kandang batu dan kandang badak.

Tak hanya bisa melihat Edelweiss, ketika sudah sampai di ketinggian kamu juga bisa melihat pemandangan yang luar biasa yakni pemandangan Gunung Krakatau dan Sumatra dari kejauhan dan jika kalian menengok ke bawah kalian akan bisa melihat pemandangan kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, bahkan Jakarta. Keren kan?

BTW untuk mencapai spot tersebut, gak cuma bisa diakses dari Cibodas aja lho, tapi juga bisa diakses dari Salabintana, Gunung Putri, dan Ciawi. Next time kita bahas dalam artikel berbeda ya🙂

Java Gibbon Center

images
Java Gibbon Center

Selain sebagai cagar alam, di TNGGP juga ada pusat penyelamatan dan rehabilitasi Owa Jawa. Buat anak backpacker yang peduli terhadap keselamatan hewan yang makin langka ini bisa mengunjungi tempat ini guys. Java Gibbon Center sudah berdiri sejak tahun 2003. JGC sendiri berfungsi untuk merehabilitasi Owa Jawa hasil sitaan, buruan dan sukarela dari masyarakat. Owa Jawa yang datang dalam keadaan sakit dipelihara sampai sehat kembali dan dilepaskan kembali ke alam liar pada waktu yang tepat. Menurut hasil survey keberadaan Owa Jawa sendiri tersisa sekitar 4.000 ekor saja, maka tak jarang lho guys pengunjung yang peduli terhadap mahluk hidup mendatangi tempat ini.

Untuk mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, anak backpacker bisa berangkat dari Jakarta dan berkendara sampai ke Tol Gadog-Bogor atau keluar melalui Tol Ciawi-Bogor. Waktu perjalanan sekitar dua jam dari Jakarta.

Soal akomodasi di sekitar TNGGP, biasanya warga sekitar menyediakan penginapan dan villa.

By : @Anakbackpacker
Email : Anakbackpacker@gmail.com
FB : Camping Bareng / Akasia Trip
Twitter : @anakbackpacker
BBpin : 7681311E
Wassap / Telp / SMS : 087887650480 / 085710822656


One thought on “Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s